Rabu, 27 September 2017

CONTOH :PENILAIAN TIDAKAN KELAS GURU BPBK

Sebelumnya saya minta maaf klo menjiblak tapi hasil penelitianya saya pakai yang telah saya lakukan disekolah.


MELALUI PELATIHAN ASERTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI
PADA SISWA KELAS X AK 2 SMKN I BENTENG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016




PENELITIAN TINDAKAN KONSELING

 









Disusun
Dalam Rangka Memenuhi
Salah Satu Persyaratan Kenaikan
Pangkat Jabatan Guru



OLEH
NUR DINAWATI, S.Pd
NIP. 19830426 200903 2 003


DINAS PENDIDIKAN KEPULAUAN SELAYAR
SMK NEGERI I SELAYAR
2016




LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini
Telah Diperiksa dan Disahkan
Untuk Dijadikan Bahan Usulan Pengajuan Kenaikan Pangkat Guru







Disahkan di Kepulauan Selayar
Pada Tanggal    :   25 Mei  2016






Kepala SMK Negeri I Benteng



Drs.  H. LUKMAN, MMPd
NIP. 19650807 198903 1 017




ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian konseling yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng TP 2015/2016 yang berjumlah 33 orang siswa. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama dua-tiga kali pertemuan (tatap muka). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes penguasaan materi pelajaran yang dilakukan tiap akhir siklus dan observasi. Data yang terangkum dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal kepercayaan diri siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng secara individu tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan metode pelatihan asertif dalam satu siklus yang meliputi empat kegiatan melalui ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, role playing, modeling, dan pengisian lembar kerja yang menyebabkan tingkat kepercayaan diri siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng meningkat. Peningkatan kepercayaan diri siswa dibuktikan dari hasil post-test skor kepercayaan diri rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri tinggi. Peningkatan skor kepercayaan diri siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kepercayaan diri menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV. Pada siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng TP 2015/2016.
Kata kunci: kepercayaan diri, pelatihan asertif








KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim


Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga karya tulis bentuk laporan penelitian tindakan konseling  dengan judul “Melalui Pelatihan Asertif Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas X AK 2 SMKN I BENTENG Tahun Pelajaran 2015/2016”, ini dapat disusun dengan sebaik-baiknya.
Adapun tujuan dari disusunnya Laporan Penelitian Konseling ini, antara lain adalah : Pertama, untuk memenuhi salah satu syarat sebagai pendidik untuk senantiasa memberikan baktinya secara maksimal sesuai tuntutan kurikulum tingkat satuan pelajaran. Kedua, untuk mengembangkan wawasan melalui tulisan sehingga dapat dibaca dan dikembangkan oleh tenaga kependidikan yang lain. Ketiga, untuk melengkapi bahan portofolio dalam rangka penilaian kinerja guru.
Sangat disadari bahwa  laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan dari para pembaca. Akhirnya penulis berharap semoga karya yang kecil ini dapat memberi manfaat yang besar bagi kita semua. Amin.



                                                            Benteng, 5 Januari 2016
                                                                               Penulis


Nur Dinawati, S.Pd
Nip. 19830426 200903 2 003






DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………                        i
HALAMANPERSETUJUAN ……………………………………………………..                        ii
HALAMAN PERNYATAAN ……………………………………………………..                       iii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………..                        iv
HALAMAN MOTTO ……………………………………………………………...                        v
HALAMAN PERSEMBAHAN …………………………………………………...                        vi
ABSTRAK …………………………………………………………………………                        vii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………..                        viii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….....                        x
DAFTAR TABEL ………………………………………………………………….                        xiii
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………………….           xiv
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………………….                       xv

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah …………………………………………………… 1
B.     Identifikasi Masalah ………………………………………………………..             6
C.     Batasan Masalah ……………………………………………………………            6
D.    Rumusan Masalah ………………………………………………………….             6
E.     Tujuan Penelitian …………………………………………………………... 7
F.      Manfaat Penelitian …………………………………………………………             7
1.      Manfaat Teoritis …………………………………………………………            7
2.      Manfaat Praktis …………………………………………………………..           7
BAB II KAJIAN TEORI
A.    Pelatihan Asertif …………………………………………………………………          20
1.      Pengertian dan Tujuan Pelatihan Asertif …………………………………….          20
2.      Prosedur Pelatihan Asertif ……………………………………………………         21
3.      Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pelatihan Asertif ………………….           24
B.     Percaya diri ………………………………………………………………………          9
1.      Pengertian Percaya Diri ………………………………………………………         9
2.      Aspek-aspek Kepercayaan Diri ………………………………………………          10
3.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Perkembangan
Kepercayaan Diri …………………………………………………………….          11
a.       Faktor Internal …………………………………………………………...         11
b.      Faktor Eksternal …………………………………………………………          13
4.      Ciri-Ciri Individu Yang Percaya Diri ………………………………………..          14
5.      Ciri-Ciri Individu Yang Tidak Percaya Diri …………………………………          15
6.      Pentingnya Rasa Percaya Diri ……………………………………………….           17
7.      Kepercayaan Diri dalam Aspek Perkembangan Pribadi dan Sosial Remaja ..            18
C.     Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Pelatihan Asertif ………………………           26
D.    Hipotesis Tindakan ……………………………………………………………..            28
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian …………………………………………………………………            29
B.     Tahap-Tahap Penelitian ………………………………………………………...            31
C.     Subjek Penelitian ………………………………………………………………..           33
D.    Setting Penelitian ………………………………………………………………..          34
E.     Teknik Pengumpulan Data ……………………………………………………...           34
F.      Instrumen Penelitian …………………………………………………………….           36
G.    Validitas dan Reliabilitas Instrumen ……………………………………………           39
H.    Teknik Analisis Data ……………………………………………………………           41
I.       Kriteria Keberhasilan ……………………………………………………………           43
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Lokasi dan Waktu Penelitian ………………………………………….           44
1.      Deskripsi Lokasi Penelitian …………………………………………………..           44
2.      Deskripsi Waktu Penelitian …………………………………………………             44
B. Deskripsi Subjek Penelitian …………………………………………………….. 45
C. Deskripsi Langkah Sebelum Pelaksanaan Tindakan  …………………………... .           46
D. Deskripsi Pelaksanaan Tindakan …………………………………………………           48
1.      Perencanaan ………………………………………………………………….           48
2.      Pelaksanaan Tindakan ……………………………………………………… .           49
a.       Kegiatan I ………………………………………………………………..          49
b.      Kegiatan II  ………………………………………………………………          51
c.       Kegiatan III ……………………………………………………………….        53
d.      Kegiatan IV ……………………………………………………………….        55
3.      Observasi ………………………………………………………………………        56
E. Deskripsi Hasil Pelaksanaan Tindakan …………………………………………….         57
1.      Hasil Skala Kepercayaan Diri …………………………………………….... …        57
2.      Refleksi dan Evaluasi ………………………………………………………….        63
F. Pembahasan Hasil Penelitian ……………………………………………………….        64
G. Keterbatasan Penelitian …………………………………………………………….       67
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan …………………………………………………………………………       68
B. Saran ………………………………………………………………………………..       69
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………     71
LAMPIRAN …………………………………………………………………………..       73















DAFTAR TABEL


Halaman
Tabel 1. Kisi-Kisi Skala Kepercayaan diri …………………………………………..           37
Tabel 2. Kisi-Kisi Pedoman Observasi ………………………………………………          39
Tabel 3. Hasil Validitas Skala Kepercayaan Diri ……………………………………           41
Tabel 4. Rumus Kategori Tingkat Kepercayaan Diri ………………………………..           42
Tabel 5. Subjek Penelitian …………………………………………………………...           45
Tabel 6. Kategori Tingkat Kepercayaan Diri ………………………………………...          46
Tabel 7. Hasil Pre-Test Subjek Penelitian ……………………………………………          47
Tabel 8. Hasil Post-Test Subjek Penelitian …………………………………………..          58
Tabel 9. Peningkatan Skor Rata-rata Skor Kepercayaan diri ………………………...         




















DAFTAR GAMBAR


Halaman
Gambar 1. Proses Penelitian Tindakan ……………………………………………….         30
Gambar 2. Grafik Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X AK 2 SMKN I
BENTENG ………………………………………………………………..        63
























DAFTAR LAMPIRAN



Halaman

Lampiran 1 Data Validitas dan Reliabilitas ……………………………………………       73
Lampiran 2. Hasil Validitas dan Reliabilitas …………………………………………..       75
Lampiran 3. Instrumen Kepercayaan Diri Sebelum Diuji ……………………………..        78
Lampiran 4. Instrumen Kepercayaan Diri Setelah Diuji ………………………………        82
Lampiran 5. Satuan Layanan Bimbingan ……………………………………………...        85
Lampiran 6. Pedoman Observasi ………………………………………………………       104
Lampiran 7. Panduan Pelaksanaan Pelatihan asertif …………………………………..        105
Lampiran 8. Hasil Observasi Kegiatan I pada Tindakan I …………………………….        114
Lampiran 9. Hasil Observasi Kegiatan II pada Tindakan I ……………………………       115
Lampiran 10. Hasil Observasi Kegiatan III pada Tindakan I ………………………….       117
Lampiran 11. Hasil Observasi Kegiatan IV pada Tindakan I …………………………        119
Lampiran 12. Data Pre-Test ……………………………………………………………       120
Lampiran 13. Data Post-Test …………………………………………………………..       123
Lampiran 14. Dokumentasi Kegiatan ………………………………………………….       125



untuk selanjutnya tolog dikonmen duluyah. 




Tidak ada komentar: