MELALUI PELATIHAN ASERTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI
PADA SISWA KELAS X AK 2 SMKN I
BENTENG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
PENELITIAN
TINDAKAN KONSELING
Disusun
Dalam
Rangka Memenuhi
Salah
Satu Persyaratan Kenaikan
Pangkat
Jabatan Guru
OLEH
NUR
DINAWATI, S.Pd
NIP.
19830426 200903 2 003
DINAS
PENDIDIKAN KEPULAUAN SELAYAR
SMK
NEGERI I SELAYAR
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan
Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini
Telah
Diperiksa dan Disahkan
Untuk
Dijadikan Bahan Usulan Pengajuan Kenaikan Pangkat Guru
Disahkan
di Kepulauan Selayar
Pada
Tanggal : 25 Mei
2016
Kepala
SMK Negeri I Benteng
Drs. H. LUKMAN, MMPd
NIP. 19650807 198903 1 017
ABSTRAK
Penelitian ini adalah
penelitian konseling yang bertujuan untuk
meningkatkan kepercayaan
diri pada siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng TP 2015/2016 yang berjumlah 33 orang siswa. Siklus I dan siklus II
masing-masing dilaksanakan selama dua-tiga kali pertemuan (tatap muka). Teknik pengumpulan data
yang digunakan tes penguasaan materi pelajaran yang dilakukan tiap akhir siklus
dan observasi. Data yang terangkum dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil
penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal kepercayaan diri siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng secara individu
tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor
rata-rata kepercayaan diri siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan
diri sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan metode pelatihan asertif dalam
satu siklus yang meliputi empat kegiatan melalui ceramah, studi kasus, diskusi
kelompok, role playing, modeling, dan pengisian lembar kerja yang menyebabkan
tingkat kepercayaan diri siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng meningkat. Peningkatan kepercayaan diri siswa
dibuktikan dari hasil post-test skor kepercayaan diri rata-rata sebesar 106,33
dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri tinggi. Peningkatan skor
kepercayaan diri siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3)
Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kepercayaan diri
menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I,
II, III, dan IV.
Pada siswa kelas X AK 2 SMK Negeri I Benteng TP 2015/2016.
Kata kunci: kepercayaan diri,
pelatihan asertif
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya, sehingga karya tulis bentuk laporan penelitian tindakan
konseling dengan judul “Melalui Pelatihan Asertif Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri
Pada Siswa Kelas X AK 2 SMKN I BENTENG Tahun Pelajaran 2015/2016”,
ini dapat disusun dengan sebaik-baiknya.
Adapun tujuan dari disusunnya Laporan Penelitian
Konseling ini, antara lain adalah : Pertama, untuk memenuhi salah satu syarat
sebagai pendidik untuk senantiasa memberikan baktinya secara maksimal sesuai
tuntutan kurikulum tingkat satuan pelajaran. Kedua, untuk mengembangkan wawasan
melalui tulisan sehingga dapat dibaca dan dikembangkan oleh tenaga kependidikan
yang lain. Ketiga, untuk melengkapi bahan portofolio dalam rangka penilaian
kinerja guru.
Sangat disadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh
sebab itu kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan dari para
pembaca. Akhirnya penulis berharap semoga karya yang kecil ini dapat memberi
manfaat yang besar bagi kita semua. Amin.
Benteng, 5 Januari 2016
Penulis
Nur Dinawati,
S.Pd
Nip. 19830426 200903 2
003
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………… i
HALAMANPERSETUJUAN …………………………………………………….. ii
HALAMAN PERNYATAAN
…………………………………………………….. iii
HALAMAN PENGESAHAN
…………………………………………………….. iv
HALAMAN MOTTO
……………………………………………………………... v
HALAMAN PERSEMBAHAN
…………………………………………………... vi
ABSTRAK
………………………………………………………………………… vii
KATA PENGANTAR
…………………………………………………………….. viii
DAFTAR ISI
……………………………………………………………………..... x
DAFTAR TABEL
…………………………………………………………………. xiii
DAFTAR GAMBAR
………………………………………………………………. xiv
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………………. xv
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah …………………………………………………… 1
B. Identifikasi Masalah ……………………………………………………….. 6
C. Batasan Masalah …………………………………………………………… 6
D. Rumusan Masalah …………………………………………………………. 6
E. Tujuan Penelitian …………………………………………………………... 7
F. Manfaat Penelitian ………………………………………………………… 7
1. Manfaat Teoritis ………………………………………………………… 7
2. Manfaat Praktis ………………………………………………………….. 7
BAB
II KAJIAN TEORI
A. Pelatihan Asertif ………………………………………………………………… 20
1. Pengertian dan Tujuan Pelatihan Asertif
……………………………………. 20
2. Prosedur Pelatihan Asertif …………………………………………………… 21
3. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pelatihan
Asertif …………………. 24
B. Percaya diri ……………………………………………………………………… 9
1. Pengertian Percaya Diri ……………………………………………………… 9
2. Aspek-aspek Kepercayaan Diri ……………………………………………… 10
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan
Perkembangan
Kepercayaan Diri ……………………………………………………………. 11
a. Faktor Internal …………………………………………………………... 11
b. Faktor Eksternal ………………………………………………………… 13
4. Ciri-Ciri Individu Yang Percaya Diri
……………………………………….. 14
5. Ciri-Ciri Individu Yang Tidak Percaya Diri
………………………………… 15
6. Pentingnya Rasa Percaya Diri
………………………………………………. 17
7. Kepercayaan Diri dalam Aspek Perkembangan
Pribadi dan Sosial Remaja .. 18
C. Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Pelatihan
Asertif ……………………… 26
D. Hipotesis Tindakan …………………………………………………………….. 28
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ………………………………………………………………… 29
B.
Tahap-Tahap
Penelitian ………………………………………………………... 31
C.
Subjek Penelitian
……………………………………………………………….. 33
D.
Setting
Penelitian ……………………………………………………………….. 34
E.
Teknik
Pengumpulan Data ……………………………………………………... 34
F.
Instrumen
Penelitian ……………………………………………………………. 36
G.
Validitas
dan Reliabilitas Instrumen …………………………………………… 39
H.
Teknik
Analisis Data …………………………………………………………… 41
I. Kriteria Keberhasilan …………………………………………………………… 43
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Lokasi dan Waktu Penelitian …………………………………………. 44
1.
Deskripsi
Lokasi Penelitian ………………………………………………….. 44
2.
Deskripsi
Waktu Penelitian ………………………………………………… 44
B.
Deskripsi Subjek Penelitian …………………………………………………….. 45
C.
Deskripsi Langkah Sebelum Pelaksanaan Tindakan
…………………………... . 46
D.
Deskripsi Pelaksanaan Tindakan ………………………………………………… 48
1.
Perencanaan
…………………………………………………………………. 48
2. Pelaksanaan Tindakan ……………………………………………………… . 49
a.
Kegiatan I
……………………………………………………………….. 49
b.
Kegiatan
II ……………………………………………………………… 51
c.
Kegiatan
III ………………………………………………………………. 53
d. Kegiatan IV ………………………………………………………………. 55
3. Observasi ……………………………………………………………………… 56
E. Deskripsi Hasil Pelaksanaan Tindakan ……………………………………………. 57
1.
Hasil
Skala Kepercayaan Diri …………………………………………….... … 57
2.
Refleksi
dan Evaluasi ………………………………………………………….
63
F. Pembahasan Hasil Penelitian ………………………………………………………. 64
G. Keterbatasan
Penelitian …………………………………………………………….
67
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan …………………………………………………………………………
68
B. Saran
……………………………………………………………………………….. 69
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………
71
LAMPIRAN
………………………………………………………………………….. 73
DAFTAR
TABEL
Halaman
Tabel 1. Kisi-Kisi
Skala Kepercayaan diri ………………………………………….. 37
Tabel 2. Kisi-Kisi
Pedoman Observasi ……………………………………………… 39
Tabel 3. Hasil
Validitas Skala Kepercayaan Diri …………………………………… 41
Tabel 4. Rumus
Kategori Tingkat Kepercayaan Diri ……………………………….. 42
Tabel 5. Subjek
Penelitian …………………………………………………………... 45
Tabel 6. Kategori
Tingkat Kepercayaan Diri ………………………………………... 46
Tabel 7. Hasil
Pre-Test Subjek Penelitian …………………………………………… 47
Tabel 8. Hasil
Post-Test Subjek Penelitian ………………………………………….. 58
Tabel 9.
Peningkatan Skor Rata-rata Skor Kepercayaan diri ………………………...
DAFTAR
GAMBAR
Halaman
Gambar 1. Proses
Penelitian Tindakan ………………………………………………. 30
Gambar 2. Grafik
Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X AK 2 SMKN I
BENTENG
……………………………………………………………….. 63
DAFTAR
LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 Data
Validitas dan Reliabilitas …………………………………………… 73
Lampiran 2. Hasil
Validitas dan Reliabilitas ………………………………………….. 75
Lampiran 3.
Instrumen Kepercayaan Diri Sebelum Diuji …………………………….. 78
Lampiran 4.
Instrumen Kepercayaan Diri Setelah Diuji ……………………………… 82
Lampiran 5. Satuan
Layanan Bimbingan ……………………………………………... 85
Lampiran 6. Pedoman
Observasi ……………………………………………………… 104
Lampiran 7. Panduan
Pelaksanaan Pelatihan asertif ………………………………….. 105
Lampiran 8. Hasil
Observasi Kegiatan I pada Tindakan I ……………………………. 114
Lampiran 9. Hasil
Observasi Kegiatan II pada Tindakan I …………………………… 115
Lampiran 10. Hasil
Observasi Kegiatan III pada Tindakan I …………………………. 117
Lampiran 11. Hasil
Observasi Kegiatan IV pada Tindakan I ………………………… 119
Lampiran 12. Data
Pre-Test …………………………………………………………… 120
Lampiran 13. Data
Post-Test ………………………………………………………….. 123
Lampiran 14.
Dokumentasi Kegiatan …………………………………………………. 125
untuk selanjutnya tolog dikonmen duluyah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar