Contoh RPL Layanan Konseling kelompok yang terbaru
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MAKASSAR
Telepon 0411-872735 Faximile 0411- 872735
Email : man2modelmks@yahoo.com Website : www.man2modelmakassar.sch.id
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
KONSELING KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
I. IDENTITAS :
a. Tahun Ajaran : 2018/2019
b. Sasaran Pelayanan : kelas X MIPA 6
c. Pelaksana : Nur Dinawati, S.Pd
d. Pihak Terkait : Peserta didik
II. WAKTU DAN TEMPAT :
a. Tanggal : -
b. Jam pelayanan : -
c. Volume waktu : 1 x 45
d. Spesifikasi tempat : Ruang Kelas
III. MATERI PELAYANANN :
a. Tema : empati
b. Sub Tema/tujuan : meningkatkan rasa empati
IV. METODE DAN TEHNIK :
a. Jenis Layanan : konseling kelompok
b. Teknik : Home Room
c. Kegiatan pendukung : -
V. SARANA :
a. Media : -
b. Perlengkapan : Buku dan pulpen
VI. URAIAN KEGIATAN
No.
|
Kegiatan konselor
|
Kegiatan konseli
|
1.
|
LANGKAH PENGANTAR
a. Mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa
b. Mengecek kehadiran Peserta didik
c. Mengajak dan membimbing Peserta didik untuk mengikuti kegiatan layanan dengan sepenuh hati, semangat dalam penampilan mengikuti kegiatan, berfikir, merasa, bertindak, dan bertanggung jawab. BMB3 berkenaan dengan layanan konseling yang dilakukan.
d. Menjelaskan pengertian tentang konseling kelompok, tujuan, asas-asas konseling
e. Mempersilahkan anggota kelompok, tentang masalah pribadinya secara bergantian.
f. Memilih/menetapkan masalah yang akan di bahas terlebih dahulu sesuai dengan tujuan parah anggota
g. Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu
1. Peserta didik mengetahui dan memahami tentang pentingnya berempati.
2. Peserta didik mengetahui dan memahami manfaat dari empati.
3. Lebih semangat lagi dan bersungguh-sungguh dalam berempati
|
a. menjawab salam dan berdoa bersama
b. Mendengarkan sepenuh hati setiap langkah-langkah pelaksanaan sesuai dengan berfikir, merasa, bertindak, dan bertanggung jawab.BMB3.
c. menyimak penjelasan dari guru BK dan membuat komitmen beserta anggota kelompok untuk saling menjaga rahasia, antar anggota kelompok
d. Setiap anggota kelompok mengutarakan masalah yang dialami dengan terbuka dan suka rela.
e. Anggota kelompok memilih menunjuk masalah teman yang paling butuh penanganan yang segera. Dengan topik empati
f. Anggota kelompok menyimak tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan konseling kelompok
|
2.
|
Langkah penjajakan
a. Menanyakan pada Peserta didik bagaimana pendapat mereka tentang cara berempati.
b. Meminta respon Peserta didik untuk mempraktekkan rasa empati terhadap teman.
c. Meminta Peserta didik untuk mengemukakan pentingnya berempati
d. Memberikan ulasan umum berkaitan dengan penegasan-penegasan yang berkenaan dengan masukan/respon/ pengalaman Peserta didik untuk nomor 1,2 dan 3 diatas
|
a. Peserta didik menyampaikan pendapat mereka tentang empati
b. Peserta didik memperagakan cara berempati pada teman.
c. Peserta didik mengemukakan pentingnya berempati.
d. Peserta didik menegaskan ulang hala yang berkaitan dengan pengalaman mereka berempati
|
3.
|
Penafsiran
1. Membahas kondisi/materi yang dikemukakan peserta didik pada langkah penjajakan dan penekanan-penekanan tertentu mengarah pada materi pokok.
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan atau merespon materi. Empati yang telah dijelaskan. Pertanyaan dan respon Peserta didik tersebut dijawab dan diberikan ulasan serta penegasan-penegasan yang telah diperlukan.
|
1. Mengemukakan masalah secara sukarela tanpa ada yang disembunyikan.
2. Peserta didik lainnya memberikan respon untuk masalah yang disampaikan
|
4.
|
Langkah pembinaan
Berisikan kegiatan penguraian, diskusi, pelatihan pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan melalui strategi transformatif dan dinamika BMB3
1. Setiap peserta diminta mengemukakan cara berempati yang baik.
2. Peserta didik menerapkan sikap ber empati.
3. Terhadap penyampaian peserta itu, diharapkan peserta yang lain memberikan respon tentang berempati terhadap temannya, seorang teman dengan penyampaian dengan pola pikir teman, perasaan dan sikap dalam kategori positif.
4. Peserta didik yang di respon oleh temanya tersebut diberikan kesempatan merespon kembali secara positif terkait dengan memiliki rasa empati
5. Kegiatan selingan untuk penyegaran berbentuk permainan atau nyanyian singkat dapat dilaksanakan
6. Di akhir kegiatan utama perlu ada penegasan komitmen Peserta didik berkaitan dengan materi yang tela dibahas.
|
1. Peserta didik menjelaskan cara berempati setelah pelaksanaan layanan.
2. Peserta didik menerapkan empati dalam kehidupan sehari hari.
3. Merepon dengan cara berempati terhadap masalah temannya ke dalam perasaan positif
4. Merespon kembali temanya dengan rasa empati.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar