RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A. | Komponen layanan |
| Layanan Dasar |
B. | Bidang Layanan |
| Sosial |
C. | Topik Layanan |
| Mencegah terjadinya perilaku bullying |
D. | Fungsi Layanan |
| Pemahaman dan pencegahan |
E. | Tujuan |
| Peserta didik/konseli mampu saling menjaga dari perilaku bullying, mampu melaporkan kejadian bullying, mampu mengembangkan sikap empati terhadap pelaku dan korban bullying |
G. | Sasaran Layanan |
| Peserta didik kelas X TKJ |
H. | Materi |
| Cyber bullying |
I. | Waktu Layanan |
| 1 x 45 menit |
J. | Sumber bacaan |
| |
K. | Metode/teknik |
| Sosiodrama |
L. | Media/alat |
| Papan nama pemeran, Script drama, Memanfaatkan media di kelas |
M | PELAKSANAAN |
|
|
| 1. TAHAP AWAL |
|
|
| a. Pernyataan tujuan |
| 1. Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyapa peserta didik/konseli dengan kalimat yang membuat peserta didik bersemangat 2. Guru BK menyatakan tujuan bimbingan kelompok agar peserta didik dapat mengembangkan sikap saling menjaga dan belajar melaporkan kejadian bullying yang terjadi |
| b. Penjelasan terhadap langkah-langkah kegiatan kelompok |
| Guru BK menjelaskan langkah-langkah kegiatan kelompok yaitu : 1. Guru BK menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan 2. Guru BK menunjuk beberapa peserta didik untuk mempelajari skenario dua hari sebelum layanan bimbingan kelompok 3. Guru membentuk kelompok sosial yang beranggotakan 5 orang. 4. Memberikan penjelasan tentang tujuan layanan yang ingin dicapai 5. Memandu para peserta didik yang telah ditunjuk untuk melakoni skenario yang sedang diperagakan. 6. Masing-masing peserta didik dengan kelompok memperhatikan skenario yang sedang diperagakan. 7. Setelah selesai di pentaskan masing-masing peserta didik diberi kertas untuk membahas. 8. Masing-masing peserta didik menyampaikan hasil dari kesimpulannya 9. Evaluasi 10. Penutup |
| c. Mengarahkan kegiatan |
| Guru BK melakukan ice braking dan mempersilahkan peserta didik untuk bersiap melakukan aktifitas bimbingan kelompok |
| d. Tahap Peralihan |
|
|
| Guru BK menanyakan kalau-kalau ada peserta didik yang belum mengerti dan memberikan penjelasan ( Storming) |
| a. Guru BK menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan kegiatan kelompok b. Guru BK memberi kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang hal-hal yang belum mereka pahami c. Guru BK menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab peserta didik dalam melakukan kegiatan |
| Guru BK menyiapkan melakukan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukannya |
| a. Guru BK menanyakan kesiapan para peserta didik untuk melaksanakan tugasnya b. Setelah semua peserta didik menyatakan kesiapan kemudian Guru BK memulai masuk ke tahap kerja (inti) |
| 2. TAHAP INTI |
|
|
| 1. Proses/kegiatan yang dialami peserta didik dalam suatu kegiatan bimbingan berdasarkan teknik tertentu (Eksperientasi)
|
| Memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan secara operasional dan menanyakan kepada peserta didik/konseli tentang kegiatan yang akan dilakukannya. |
| 2. Pengungkapan perasaan, pemikiran dan pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan (refleksi) |
| Pertemuan pertama : a. Menjelaskan secara singkat tentang sosiodrama b. Menjelaskan terkait prosedur dan tata pelaksanaan sosiodrama. c. Menetapkan peserta didik yang menjadi pemeran protagonis, pendukung, dan observer (penonton) d. Memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memahami jalan cerita dari naskah yang telah disusun e. Mengarahkan peserta didik untuk mempraktekkan dan mencoba untuk melakukan peran masing-masing f. Menjelaskan tugas dan fungsi observer dalam pelaksanaan sosiodrama Pertemuan kedua : a. Memandu jalannya cerita sosiodrama b. Mendorong peserta didik untuk memperoleh atau memainkan peran secara spontan berinteraksi dan komunikasi dalam cerita, sesuai dengan jalannya cerita c. Menceritakan dan memandu proses sosiodrama adegan demi adegan d. Mengawasi dan memberikan aran kepada peserta didik melakukan peran yang diperoleh sampai selesai. e. Mengapresiasi penampilan dari pemeran diakhir penampilan dan melakukan diskusi f. Pembahasan melalui diskusi kelas mencakup : - Memimpin jalannya diskusi - Mendorong peserta didik yang berperan dan observer untuk memberikan umpan balik terkait pelaksanaan sosiodrama - Menetralisir umpan balik yang bersifat menyerang dan menjatuhkan salah satu peran yang ada - Mendorong peserta didik untuk aktif menanggapi jika kejadian dalam sosiodrama terjadi dan dialami peserta didik secara nyata. - Mendorong peserta didik untuk mengungkapkan apa isi dari adegan yang di ungkapkan - Mendorong peserta didik mengungkapkan manfaat apa saja dari Cyber bullying - Mendorong peserta didik untuk memetik hikmah dari alur cerita sosio drama g. Memberikan kesempatan untuk menyimpulkan pembahasan diskusi kelas h. Mengkonfirmasi kesimpulan-kesimpulan dari peserta didik i. Memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan perasan dan rencana terkait dengan topik yang diperagakan dalam sosiodrama j. Menjelaskan permainan atau ice breakin jika diperlukan.. |
| 3. TAHAP PENUTUP |
|
|
| Menutup kegiatan dan tindak lanjut | 1. | Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelomp |
|
| 2. | Merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama |
|
| 3. | Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming) |
M. | EVALUASI |
|
|
| 1. Evaluasi Proses |
| Evaluasi ini dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan melihat proses yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok, meliputi : a. Guru bimbingan dan konseling atau konselor terlibat dalam menumbuhkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan. b. Guru bimbingan dan konseling atau konselor membangun dinamika kelompok c. Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan dalam didik membuat langkah yang akan dilakukannya |
| 2. Evaluasi Hasil |
| Evaluasi setelah mengikut bimbingan kelompok antara lain : a. Mengajukan pertanyaan untuk mengungkap pengalaman konseli dalam bimbingan kelompok b. Mengamati perubahan perilaku peserta setelah bimbingan kelompok. c. Konseli mengisi instrumen penilaian dari guru bimbingan dan konseling atau konselor (seperti contoh dalam konseling kelompok
|
N. | TINDAK LANJUT |
| Layanan bimbingan konseling individu |
O. | LAMPIRAN |
| 1. Skenario pelaksanaan layanan 2. Scipt kegiatan sosiodrama 3. LKPD 4. Lembar Evaluasi proses 5. Lembar evaluasi hasil |
Makassar, 16 September 2019
Mahasiswa PPL/PPGDJ
Nur Dinawati, S.Pd
Guru Pamong Dosen Pembimbing
MARDIN, S.Pd Dr. Abdullah Sinring, M.Pd
NIP. 197706152003121012 NIP. 196203031988031003
MA Negeri 2 Makassar
Mengetahui :
SKENARIO PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
BIDANG SOSIAL
Topik : mencegah terjadinya perilaku bullying
Kelas : X MIPA 6
Metode : Sosiodrama
Waktu : 2 x 45 menit
Tahap 1 | Tujuan | Kegiatan | Waktu (Menit) | |
Guru BK | Peserta Didik | |||
Awal (Pendahuluan) | Membangun hubungan yang baik dan suasana yang efektif dalam layanan bimbingan
| 1. Guru BK mengucapkan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik
| 1. Guru BK mengucapkan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik
|
|
| Menciptakan suasana yang menyenangkan
| 2. Guru BK menanyakan kesiapan peserta didik mengikuti layanan bimbingan kelompok | 3. Peserta didik menyatakan kesiapannya mengikuti kegiatan bimbingan dan kelompok
|
|
|
| 3. Guru BK menyatakan tujuan bimbingan kelompok agar peserta didik dapat mengembangkan sikap saling menjaga dan belajar melaporkan kejadian bullying yang terjadi | 3. Siswa menyimak penyampaian guru BK tujuan layanan bimbingan kelompok |
|
|
| 4. Guru BK memberikan kesempatan kepada peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami mengenai layanan bimbingan kelompok | 4. Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami
|
|
| Peserta didik meklaksanan sosiodrama sesuai langkah-langkah pelaksanaan kegiatan
| 4. Penjelasan terhadap langkah-langkah kegiatan kelompok a. Guru BK menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan b. Guru BK menunjuk beberapa peserta didik untuk mempelajari skenario dua hari sebelum layanan bimbingan kelompok c. Guru membentuk kelompok sosial yang beranggotakan 5 orang. d. Memberikan penjelasan tentang tujuan layanan yang ingin dicapai e. Memandu para peserta didik yang telah ditunjuk untuk melakoni skenario yang sedang diperagakan. f. Masing-masing peserta didik dengan kelompok memperhatikan skenario yang sedang diperagakan. g. Setelah selesai di pentaskan masing-masing peserta didik diberi kertas untuk membahas. h. Masing-masing peserta didik menyampaikan hasil dari kesimpulannya i. Evaluasi j. Penutup | 4. Peserta didik mengikuti kegiatan bimbingan kelompok sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan oleh Guru BK
|
|
| Peserta didik tidak melakukan hal-hal yang tidak seusai dengan langkah-langkah sosiodrama | 5. Guru BK menyiapkan melakukan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukannya | 5. Peserta didik berkomitmen mengikuti seluru rangkaian kegiatan sesuai penjelasan langkah-langkah kegiatan |
|
Tahap 2 |
|
|
|
|
Inti | Peserta didik mengamati dan mampu memahami alur cerita dalam sosiodrama yang dilaksanakan | Pertemuan pertama : a. Menjelaskan secara singkat tentang sosiodrama b. Menjelaskan terkait prosedur dan tata pelaksanaan sosiodrama. c. Menetapkan peserta didik yang menjadi pemeran protagonis, pendukung, dan observer (penonton) d. Memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memahami jalan cerita dari naskah yang telah disusun e. Mengarahkan peserta didik untuk mempraktekkan dan mencoba untuk melakukan peran masing-masing f. Menjelaskan tugas dan fungsi observer dalam pelaksanaan sosiodrama
|
a. Menyimak penjelasan guru tentang pelaksanaan sosiodrama b. Mengikuti prosedur pelaksanaan sosiodrama c. Memerankan peran sesuai tugas masing-masing siswa
d. Peserta didik menyimak jalan cerita
e. Mempraktekkan peran masing-masing |
|
|
| Pertemuan kedua : a. Memandu jalannya cerita sosiodrama
b. Mendorong peserta didik untuk memperoleh atau memainkan peran secara spontan berinteraksi dan komunikasi dalam cerita, sesuai dengan jalannya cerita c. Menceritakan dan memandu proses sosiodrama adegan demi adegan d. Mengawasi dan memberikan arah kepada peserta didik melakukan peran yang diperoleh sampai selesai. e. Mengapresiasi penampilan dari pemeran diakhir penampilan dan melakukan diskusi f. Pembahasan melalui diskusi kelas mencakup : - Memimpin jalannya diskusi - Mendorong peserta didik yang berperan dan observer untuk memberikan umpan balik terkait pelaksanaan sosiodrama - Menetralisir umpan balik yang bersifat menyerang dan menjatuhkan salah satu peran yang ada - Mendorong peserta didik untuk aktif menanggapi jika kejadian dalam sosiodrama terjadi dan dialami peserta didik secara nyata. - Mendorong peserta didik untuk mengungkapkan apa isi dari adegan yang di ungkapkan - Mendorong peserta didik mengungkapkan manfaat apa saja dari bullying - Mendorong peserta didik untuk memetik hikmah dari alur cerita sosio drama g. Memberikan kesempatan untuk menyimpulkan pembahasan diskusi kelas h. Mengkonfirmasi kesimpulan-kesimpulan dari peserta didik i. Memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan perasaan dan rencana terkait dengan topik yang diperagakan dalam sosiodrama
j. Menjelaskan permainan atau ice breakin jika diperlukan.. |
a. Melakoni skenario cerita yang dibuat guru BK b. Memainkan peran sesuai peran yang ditugaskan masing-masing
c. Melakukan sosiodrama sesuai panduan guru BK
d. Mendiskusikan sosiodrama yang telah diamati
e. Mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru BK
f. Menyampaikan kesimpulan diskusi kelompok g. Menyampaikan kesan dan rencana selanjutnya mengenai topik sosiodrama yang di jelaskan
|
|
Tahap 3 |
|
|
|
|
penutup | Peserta didik mampu menyimpulkan hasil layanan bimbingan kelompok | 1. Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelomp | Peserta didik mendengarkan pengutan yang diberikan oleh Guru BK |
|
|
| 2. Merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama | Peserta didik yang mengalami hal uang sama dengan sosiodrama akan melakukan konseling individual |
|
|
| 3. Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming) | Ketua kelas memimpin doa Dan mengucapkan salam |
|
SCRIP KEGIATAN SOSIODRAMA
A. SKENARIO SOSIODRAMA
1. Topik : Mencegah terjadinya perilaku bullying
2. Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
3. Jenis Layanan : Bimbingan kelompok
4. Fungsi Layanan : Pemahaman dan pencegahan
5. Sasaran : peserta didik kelas X MIPA 6
6. Tempat kegiatan : Ruang kelas
7. Waktu Pelaksanaan : 45 menit
B. GARIS BESAR CERITA
1. Eksposisi
Riska adalah siswa kelas X MIPA 6 di MAN 2 MAKASSAR, ayah dan ibunya pengusaha sukses, Riska adalah anak yang terkaya di sekolah. Segala fasilitas mewah ia miliki, Riska sangat sombong dan jarang mau bergabung dengan teman temanya. Riska memiliki teman yang perhatian padanya seperti Dita, Yoyok, dan Lulu, disamping itu ada juga teman Riska yang suka iri sama Riska seperti Dede, dan Mita mereka paling tidak suka dengan Riska yang selalu bawah barang mewah ke sekolah.
2. Konflik
Riska sering kali pamer barang mewah ke sekolah bahkan tidak jarang dia bawa 2 ponsel mahal ke sekolah, bukan Cuma itu Riska sering gonta ganti tas branded, membuat Dede dan Mita, merasa iri dan ingin merampas barang Riska. Dan bahkan Dede dan Mita memeras Riska, jika tidak di beri Dede dan Mita akan menghadang Riska sewaktu pulang sekolah. Dita, Yoyok, dan Lulu. Sering menasehati Riska agar tidak membawa barang mewah ke sekolah. Mereka takut kalau ada orang jahat, yang memperhatikan Riska.
3. Komplikasi
Riska mulai berubah, dia sering terlihat murung dan tidak mau bergabung dengan teman dikelasnya, sering menyendiri dan kepercayaan dirinya berkurang. Bahkan mulai malas belajar. Dan yang lebih aneh dia sering terlihat ketakutan. Dita, yoyok, dan lulu merasa kasihan dengan keadaan Riska yang tiba-tiba berubah. Sayangnya Riska saat itu tidak bisa diajak bicara, riska Hanya diam. Dita, yoyok dan lulu penasaran dengan keadaan Riska, hingga mereka mendapati Dede dan Mita mengintimidasi Riska dan juga memerasnya.
4. Klimaks
Melihat kejadian itu Dita, Yoyok, dan Lulu berinisiatif menolong Riska. Dita mengisyaratkan agar lulu segera melaporkan tindakan Dede dan Mita ke Guru BK, sementara Dita dan Yoyok menolong Riska dari Intimidasi Dede dan Mita. Dan akhirnya setelah di tangani oleh guru BK. Dede dan Mita tidak lagi melakukan tindakan membullying dan mereka kembali akrab seperti sedia kala. Dan mulai hari itu Riska tidak lagi membawa barang mewah ke sekolah.
5. Solusi
Dede dan Mita menyesali perbuatannya dan berjanji tidak lagi mengintimidasi dan memeras Riska. Semenjak saat itu Riska mulai tau kalau Dede dan Mita memperlakukannya secara kasar karena kelakuannya sendiri dan mulai hari itu Riska berjanji Tidak akan membawa barang-barang mewah lagi ke sekolah.
Riska adalah siswa kelas X MIPA 6 di MAN 2 MAKASSAR, ayah dan ibunya pengusaha sukses, Riska adalah anak yang terkaya di sekolah. Segala fasilitas mewah ia miliki, Riska sangat sombong dan jarang mau bergabung dengan teman temanya. Setiap kali orang tua Riska, keluar negeri. Riska pasti dapat oleh-oleh barang mewah, mulai dari tas sekolah, peralatan belajar, sepatu, hendphone, dan lektop. Riska juga memiliki banyak koleksi tas sekolah sehingga dia sering gota-ganti tas.
Meskipun riska kaya tapi dia juga termasuk anak yang ceria, pintar, dan selalu dibanggakan guru. riska memiliki teman yang perhatian padanya seperti Dita, Yoyok, dan Lulu, mereka sangat baik, dan selalu sabar denga kelakuan riska yangagak sombong. Terkadang mereka menasehati riska agar tidak membawa barang mewah dari rumah. Mereka khawatir ada orang jahat yang memanfaatkan situasi dan mengambil barang barang riska.
Disamping itu ada juga teman Riska yang suka iri sama Riska seperti Dede, dan Mita mereka paling tidak suka dengan Riska yang selalu bawah barang mewah ke sekolah. Suatu hari mereka kesal melihat Riska membawa 2 hand phone mahal, mereka berinisiatif mengintimidasi Riska. Mereka mengambil salah satu hand phone riska Dan mereka hanya akan mengembalikan jika riska memberi mereka uang pengganti. Hal itu dilakukan berkali-kali bahkan mengancam jika keinginan mereka tidak dituruti
Riska mulai berubah, dia sering terlihat murung dan tidak mau bergabung dengan teman dikelasnya, sering menyendiri dan kepercayaan dirinya berkurang. Bahkan mulai malas belajar. Dan yang lebih aneh dia sering terlihat ketakutan. Bahkan riska kadang tidak datang kesekolah dengan alasan sakit perut.
Dita, yoyok, dan lulu merasa kasihan dengan keadaan Riska yang tiba-tiba berubah. Sayangnya Riska saat itu tidak bisa diajak bicara, riska Hanya diam. Dita, yoyok dan lulu penasaran dengan keadaan Riska, hingga mereka mendapati Dede dan Mita mengintimidasi Riska dan juga memerasnya. Melihat kejadian itu Dita, Yoyok, dan Lulu berinisiatif menolong Riska. Dita mengisyaratkan agar lulu segera melaporkan tindakan Dede dan Mita ke Guru BK, sementara Dita dan Yoyok menolong Riska dari Intimidasi Dede dan Mita. Dan akhirnya setelah di tangani oleh guru BK. Dede dan Mita tidak lagi melakukan tindakan membullying dan mereka kembali akrab seperti sedia kala. Dan mulai hari itu Riska tidak lagi membawa barang mewah ke sekolah.
C. PEMAIN DAN RAMBU-RAMBU PEMAIN
No. | Pemain | Watak |
1. | Riska | Sombong Suka pamer Kurang percaya pada orang lain |
2. | Dita | Baik hati, Setia kawan Perhatian Berjiwa pemimpin |
3. | Yoyok | Pemberani Perhatian Setia kawan |
4. | Lulu | Lucu, Penakut Berani melapor |
5. | Dede | Malas Angkuh Iri hati Kurang empati |
6. | Mita | Malas Angkuh Iri hati Kurang empati |
7. | GURU BP | Sabar, perhatian, tegas, pengertian, pandai dan keibuan |
D. RINCIAN ADEGAN
Adegan I
Pada saat istirahat Dita, yoyok, dan lulu bergegas ke kantin, seperti biasa mereka mengisi perut mereka yang sudah mulai keroncongan. Disana mereka bercerita mengenai kelakuan riska yang akhir-akhir ini berubah. Dulunya sangat periang sekarang berubah jadi pemurung, kadang-dang tidak datang ke sekolah tanpa pemberitahuan yang jelas. Mereka curiga kalau-kalau riska sedang bermasalah.
Adegan II
Di kelas riska di bullying sama dede dan mita mereka menjambak, menginterogasi riska, sehingga terlihat riska ingin menangis, kemudian dede dan mita mengancam riska kalau melapor ke guru atau ke orang tua yang akan mereka lakukan lebih kejam. Dede dan mita juga memeras Riska. Akan tetapi perbuatan mereka hari itu tidak sengaja di lihat oleh dita, yoyok, dan lulu.
Adegan III
Dita menyuruh lulu melapor ke guru BK, sedangkan Dita dan yoyok akan menolong riska yang mengalami penindasan. Dede dan Mita tidak menyadari kalau perbuatan mereka diketahui oleh Dita dan Yoyok. Dede dan Mita tidak mempedulikan Dita dan Yoyok, mereka terus saja menjambak Riska. Dita dan Yoyok berusaha menghalangi Dede dan Mita agar tidak melakukan penjambakkan lagi.
Adegan IV
Beberapa menit kemudian guru BK dan lulu mendatangi kelas. Dede dan mita mulai berhenti menindas Riska. Mereka takut akan dihukum oleh Guru Bk. Kemudian guru BK meminta dede dan mita segera ke ruang BK untuk membicarakan permasalahannya.
Adegan V
Beberapa hari kemudian masalah mulai menjadi kondusif. Tidak ada lagi perlakuan membullying teman, riska juga terlihat lebih ceria. Namun yang berbeda kali ini Riska Tidak lagi pamer-pamer kekayaan. Dia mulai berbaur dengan teman-teman sedangkan dede dan mita juga mulai berteman dengan riska.
LKPD BIMBINGAN KELOMPOK
TOPIK/ TEMA : MENCEGAH TERHADINYA PERILAKU BULLYING
METODE/ TEKHIK : SOSIODRAMA
Yang ingin saya lakukan saat melihat teman yang murung dan tak mau bergabung saya akan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ketika seseorang dipermalukan yang akan saya lakukan adalah
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika saya memiliki teman yang kerap kali membullying yang saya lakukan agar dia tidak melakukan lagi bullying adalah
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EVALUASI PROSES BIMBINGAN KELOMPOK
Hari/ Tanggal : ………………………….. Kelas : …………………………….
Materi : ………………………….. Guru BK : …………………………….
Petunjuk :
Guru BK memberikan skor penilaian aspek yang di observasi pada masing-masing siswa sesuai dengan kolom yang telah disediakan dengan kriteria berikut :
Skor 5 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan sangat baik
Skor 4 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan baik
Skor 3 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan cukup baik
Skor 2 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan kurang baik
Skor 1 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan sangat kurang baik
No. | Aspek Yang Di Observasi | Nama peserta didik/nomor urut sesuai dengan keterangan | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||
1 | Keaktifan peserta didik mengikuti layanan BKP teknik sosiodrama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 | antusias dalam setiap kegiatan BKP teknik sosiodrama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 | Perhatian Peserta didik harus saat Guru BP menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan sosiodrama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 | Keberanian peserta didik dalam bertanya ketika ada hal yang kurang dimengerti |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 | Partisipasi peserta didik berpendapat mengenai topik sosiodrama yang diperagakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 | Kesesuaian dialog pemeranan dengan alur skenario |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 | Respon peserta didik ketika proses diskusi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 | Komunikasi peserta didik dalam kelompok bersama peserta didik yang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 | Mengembangkan hubungan positif dalam kelompok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 | Keaktifan peserta didik dalam memberi kesimpulan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 | Keaktifan peserta didik dalam proses evaluasi bimbingan kelompok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penentuan Skor
Skor Total =
Kriteria hasil
|
Mahasiswa PPG DJ
Nur Dinawati, S,Pd
NIM. 1990102004
Keterangan Nomor Peserta didik
No. | Nama Peserta Didik |
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
6 |
|
7 |
|
8 |
|
9 |
|
10 |
|
EVALUASI PROSES PELAKSANAAN SOSIODRAMA
Kelas : ………………………………………………………………
Hari/ Tanggal : ………………………………………………………………
Tema : Mencegah Terjadinya Perilaku Bullying
No. | Aspek Indikator Penilaian | Nama peserta didik/nomor urut sesuai dengan keterangan | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||
A. | Persiapan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 1. Keterlibatan dalam bermain peran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2. Peran dari tokoh yang diperankan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. | Penghayatan peran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 1. Penjiwaan karakter yang diperankan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2. Semangat bermain peran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. | Penampilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 1. Berakting sesuai dengan karakter |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2. Kesesuaian kostum dengan karakater |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 3. Ekspresi sesuai dengan peran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. | Kerjasama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 1. Membantu teman |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2. Tenggang rasa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman perkantoran Skor 4 apabila sangat baik sesuai indikator penilaian Skor 3 apabila baik sesuai indikator penilaian Skor 2 apabila cukup baik sesuai dengan indikator penilain Skor 1 apabila kurang baik sesuai indikator penilain |
Keterangan Nomor Peserta didik
No. | Nama Peserta Didik |
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
6 |
|
7 |
|
8 |
|
9 |
|
10 |
|
KEPUASAN SISWA
TERHADAP LAYANAN BIBINGAN KELOMPOK
Identitas
Nama Peserta didik : ……………………………………………
Kelas : ……………………………………………
Nama guru BK/Konselor : ……………………………………………
Petunjuk
3. Bacalah secara teliti
4. Berikan centang (Ö) pada kolom jawaban yang tersedia
5. Skor untuk masing-masing Pilihan jawaban adalah sebagai berikut :
3 = sangat memuasakan
2 = memuaskan
1 = kurang memuaskan
No. | Aspek yang dinilai | Sangat Memuaskan | Memuaskan | Kurang Memuaskan |
1 | Penerimaan guru BK/Konselor terhadap kehadiran anggota kelompok |
|
|
|
2 | Waktu yang disediakan untuk bimbingan kelompok |
|
|
|
3 | Kesempatan yang diberikan guru BK/ Konselor kepada anggota kelompok untuk menyampaikan pendapat/ide |
|
|
|
4 | Kepercayaan anda terhadap guru BK/ Konselor dalam layanan bimbingan kelompok |
|
|
|
5 | Hasil yang diperoleh dalam bimbingan kelompok |
|
|
|
6 | Kenyamanan dalam bimbingan kelompok |
|
|
|
Jumlah skor |
|
|
|
Kriteria penentuan Skor Skor Total = Kriteria Hasil
|
Peserta Didik
……………………………….
INSTRUMEN PENILAIAN HASIL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Nama Peserta didik : ………………………………………….
Kelas : ………………………………………….
Topik : ………………………………………….
Pernyataan di bawah ini berisikan tentang hasil yang kamu peroleh setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Baca dengan cermat setiap pernyataan tersebut. Berikan jawaban dengan cara memberi cek (Ö) pada salah satu jawaban yang sesuai.
SS : Sangat Sesuai (5) KS : Kurang sesuai (2)
S : Sesuai (4) STS : Sangat Tidak Sesuai (I)
CS : Cukup Sesuai
Jawaban anda tidak menuntut jawaban benar dan salah. Jawablah semua dengan sungguh-sungguh dan jujur sesuai dengan diri kamu. Hasil dari instrumen ini tidak mempengaruhi nilai pelajaran anda disekolah, namun bermanfaat sebagai pertimbangan pemberian layanan berikutnya. Atas bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Aspek yang dinilai | Skor | |||||
SS | S | CS | KS | STS | ||
Pemahaman Baru | ||||||
1 | Saya mendapatkan pemahaman baru mengenai kegiatan sosiodrama yang diperankan kelompok |
|
|
|
|
|
2 | Saya jelaskan kembali mengenai sosiodrama yang telah diperankan oleh kelompok |
|
|
|
|
|
3 | Saya mampu mendiskusikan inti dari sosiodrama Yang telah diperankan oleh kelompok |
|
|
|
|
|
4 | Saya dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan sosiodrama yang telah diperankan di kelompok |
|
|
|
|
|
5 | Saya dapat menyimpulkan mengenai manfaat dan kegunaan dari materi yang disampaikan. |
|
|
|
|
|
Perasaan Positif | ||||||
6 | Saya merasa senang karena dalam kegiatan sosiodrama ini mengajarkan saling berbagi ide, gagasan, pendapat, dan pengalaman |
|
|
|
|
|
7 | Saya merasa dihargai selama pelaksanaan layanan ini |
|
|
|
|
|
8 | Saya merasa puas mengikuti layanan ini karena dilakukan dengan cara menyenangkan |
|
|
|
|
|
9 | Saya senang karena merasa materi yang disampaikan bermanfaat bagi kehidupan saat ini dan yang akan datang |
|
|
|
|
|
10 | Saya merasa rega karena merasa terbantu akan layanan ini
|
|
|
|
|
|
Rencana kegiatan Setelah Layanan | ||||||
11 | Saya akan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan dari layanan ini sebagai dasar bertindak dan berperilaku |
|
|
|
|
|
12 | Saya melaksanakan hal-hal yang positif terkait kegiatan sosiodrama yang akan diperankan oleh kelompok dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
13 | Saya mengembangkan potensi yang saya miliki setelah mengikuti kegiatan ini |
|
|
|
|
|
14 | Saya menerima kemampuan terbaik terhadap suatu sikapsetelah mengikuti kegiatan layanan ini |
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
Kriteria Penentuan Skor
Skor Total =
|
Peserta didik
………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar