MATERI CYBER BULLYING
SKENARIO PRAKTEK PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
BIDANG SOSIAL
Topik : Cyber Bullying
Kelas : XI
Metode : Problem solving dan diskusi kelompok
Waktu : 2 x 45 menit
Tahap
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
Waktu (Menit)
| |
Guru BK
|
Peserta Didik
| |||
Awal
(Pendahuluan)
|
Membangun hubungan yang baik dan suasana yang efektif dalam layanan bimbingan
|
1.Guru BK mengucapkan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik
|
Peserta didik menjawab salam dan berdoa, menyatakan kabar dan memberitahukan tentang kehadiran teman dalam kelas
|
5 menit
|
Mengingat kembali janji pembahasan materi yang akan dibahas hari ini,
|
Guru BK menanyakan kembali materi yang akan di bahas pada minggu ini yaitu membahas cyber bullying
|
Peserta didik akan menjawab apa yang telah guru janjikan pada minggu sebelumnya
| ||
Peserta didik mengetahui phenomena dampak negatif cyber bullying pada korban bullying
|
Guru BK membahas beberapa penomena dampak negatif yang telah diakibatkan oleh cyber bullying yang dirasakan oleh korbannya bahkan berujung pada bunuh diri yang dilakukan oleh korban bullying
|
Peserta didik menyimak pembahasan penomena cyber bullying yang terjadi di dunia maya
|
10 menit
| |
Tahap
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
Waktu (Menit)
| |
Guru BK
|
Peserta Didik
| |||
Peserta didik mengikuti layanan sesuai dengan tujuan layanan yang ingin di capai
|
1. Guru BK menyampaikan tujuan layanan bimbingan
2.Guru BK memberikan motivasi pentingnya membahas topik “Dampak negatif cyber bullying”
3.Guru BK melakukan kesepakatan dengan peserta didik untuk mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dengan baik
4.Guru BK melakukan kontrak waktu Selama 2 x 45 Menit
5.Guru BK menjelaskan langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab dari peserta didik.
6.Guru BK memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika ada yang belum jelas
7.Guru BK menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan dan memulai ke tahap inti.
|
· Peserta didik memperhatikan guru BK menyampaiakan tujuan layanan bimbingan
· Peserta didik memperhatikan guru BK dalam memberikan motivasi
· Peserta didik melakukan kesepakatan dengan guru BK untuk mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dengan baik
· Peserta didik memperhatikan guru BK menjelaskan langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab dari peserta didik
· Peserta didik bertanya jika ada yang belum jelas
· Peserta didik menyatakan kesiapan melaksanakan kegiatan
|
10 menit
| |
INTI
|
Membentuk kelompok diskusi
|
Guru BK membagi peserta didik menjadi 6 kelompok dimana setiap kelompok ada 7 orang peserta didik yang masing-masing kelompok diberi nama yaitu:
Kelompok 1 : Depresi
Kelompok 2 : Pemalu
Kelompok 3 : Kurang percaya diri
Kelompok 4 : Prestasi menurun
Kelompok 5 : Terisolasi
Kelompok 6 : Bunuh diri
|
Peserta didik mengikuti instruksi guru BK dengan menyesuaikan diri dalam kelompok masing-masing yaitu :
Kelompok 1 : Depresi
1. Abdul Fathir Astsaqafiy
2. M Akhyar Ansyari
3. Muh. Rifqi Hamzah
4. Annisa Dwi Maharani
5. Fatiyyah Layyin Maghfirah
6. Resky Nabia Fatilah Sofyan
7. Sitti Tasya Nurul Ihza
Kelompok 2 : Pemalu
1. Ahmad Fausy Mappatabe
2. Muh. Azrul Yunus Marham
3. Muhammad Farouq Ghufron
4. Anugerah Nur Adela
5. Insyirah Najwa
6. Rini Wulandari
7. Sriayu Nuriani
Kelompok 3 : Kurang percaya diri
1. Ahmad Naufal Rahmadani
2. Muhammad Afdal Mappatunru
3. Muhammad Fauzan Anugrah
4. Arifah Idris
5. Nabilah Aulia Satri
6. Rhimarsya Syahrizal
7. Syauqi Maulana Yusuf
Kelompok 4 : Prestasi menurun
1. Andi Muh. Gharib Ramz Ray
2. Muh. Fiqry Ramadhan
3. Ramdhani Ramadani Rachim
4. Ayu Salsabila Wirsa Pratiwi
5. Nylah Maharani Lukman
6. Rizky Amaliah Mukhtar
7. Witri Aulia Sakinah Alwi
Kelompok 5 : Terisolasi
1. Dhava Sulmy Risq Ramadhan
2. Muh. Rafi Firtito
3. Ananda Salsabilah Nurwulandari
4. Enjelika Marbarokah
5. Nur Maritzah Ramadhani
6. Salsabiella Hafsah Badwi
7. Yahdini Amaliah Putri
Kelompok 6 : Bunuh diri
1. Fauzan Aufa Algifari
2. Muh. Alief Resky Supryadi
3. Andi Sitti Nurhaliza. ZI
4. Fadhila Hafsari
5. Ratna Sari Mega Puspita
6. Salwa Fausiah
7. Zani Dita Prasasti
|
10 menit
|
Peserta didik menyimak video yang ditayangkan oleh guru
|
Guru BK menayangkan video tentang cyber bullying dan meminta para peserta didik mengamati jalannya video
|
Peserta didik menyimak dengan baik video yang ditayangkan oleh guru
|
5 menit
| |
Peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
Guru BK Membagikan LKPD untuk didiskusikan dengan teman kelompok, kemudian membacakan hasil diskusi dan meminta kelompok lain menanggapi
|
Peserta didik mendiskusikan hasi pengamatan Video dan menjawab pernyataan yang ada dalam LKPD. Peserta didik membacakan hasil diskusi dan menanggapi tanggapan kelompok lain
|
15 menit
| |
Menciptakan suasana yang menyenangkan
Mengarahkan kegiatan bimbingan
Layanan klasikal
|
8.Guru BK meminta peserta didik melakukan ice breaking “Benar-salah-benar-benar-salah”
· Guru BK meminta peserta didik untuk mengikuti aturan main yaitu “melakukan gerakan yang sesuai dengan rumus“
· Guru Bk memberikan contoh rumus benar-salah-benar-benar-salah ,jika ibu menyebut kiri maka yang harus kalian lakukan adalah lompat ke kiri karena rumusnya adalah (benar), ibu sebut ke kanan maka kalian harus ke kiri lagi karena rumusnya (salah), ibu sebut ke depan maka kalian harus lompat ke depan karena rumusnya (benar) , ibu sebut ke belakang kalian harus lompat ke belakang karena rumusnya (benar), begitu pula seterusnya harus sesuai dengan rumus.
· Guru BK meminta peserta didik untuk memperhatikan dengan baik dan mengikuti rumus yang disebutkan, sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan.
· Guru BK dan peserta didik membuat kesepakatan sanksi bagi yang membuat kesalahan.
· Guru BK membuat permainan lebih menarik dengan mengganti rumus.
|
· Peserta didik melakukan ice breaking “Benar-salah-benar-benar- salah” dengan mendengar instruksi dari guru BK
· Peserta didik yang melakukan kesalahan, diberikan sanksi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dan disetujui bersama
|
10 menit
| |
Peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi dengan teman kelompoknya
|
Guru BK meminta peserta didik untuk membacakan atau menuliskan hasil diskusi kelompok, kelompok lain menanggapi, dan menjawab tanggapan Peserta didik yang lain
|
Peserta didik membacakan serta menulis hasil diskusi kelompok di papan tulis serta menanggapi , dan menjawab tanggapan peserta didik yang lain
|
10menit
| |
Akhir
|
Guru BK dan Siswa membuat kesimpulan mengenai Layanan Klasikal dengan tema Cyber Bullying
|
Guru BK meminta Kepada peserta didik agar semua bisa terlibat dalam menyimpulkan hasil layanan mengenai cyber bullying yakni cara mengurangi bullying di dunia maya
|
Peserta didik aktif memberikan pendapat mengenai cyber bullying dalam hal mengurangi bullying di dunia maya
|
5 menit
|
Mengisi peserta didik mengisi lembar evaluasi proses
|
Guru BK membagikan lembar evaluasi hasil kepada peserta didik agar mengisi sesuai yang mereka rasakan
|
Peserta didik melakukan pengisian pada lembar evaluasi hasil pelaksanaan layanan sesuai dengan apa yang mereka rasakan setelah mengikuti layanan
|
5 menit
| |
Mengakhiri kegiatan dengan berdoa
|
Guru meminta ketua kelas untuk berdoa dalam mengakhiri kegiatan
|
Ketua kelas memimpin doa untuk peserta didik yang lain untuk menutup kegiatan
|
5 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar