Kamis, 26 Desember 2019

Lembar Kerja Peserta Didik dalam Layanan Klasikal Bimbingan Konseling tema cyber bullying untuk peserta PPG Bimbingan dan Konseling


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MAKASSAR
Telepon 0411-872735 Faximile 0411- 872735
Email : man2modelmks@yahoo.com Website : www.man2modelmakassar.sch.id



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
Komponen layanan

Layanan Dasar
B
Bidang Layanan

Sosial
C
Topik Layanan

Cyber bullying
D
Fungsi Layanan

Pemahaman dan pencegahan
E
Tujuan Umum

Peserta didik/konseli  mampu bertindak atas pertimbangan sendiri dalam menghadapi perilaku cyber bullying
F
Tujuan Khusus/Indikator
1.
Peserta didik/konseli dapat menganalisis tanda-tanda korban cyber bullying. (C 4)
2.
Peserta didik/konseli dapat menganalisisi faktor-faktor yang menyebabkan keinginan perilaku cyber bullying. (C 4)
3.
Peserta didik/konseli dapat menentukan dampak negatif dan cara-cara mengatasi cyber bullying. (C 5)
4.
Peserta didik/konseli dapat membuat perencanaan mandiri untuk menanggulangi cyber bullying (C 6)
G
Sasaran Layanan

Peserta didik kelas X IPA 6
H
Materi

Cyber bullying
I
Waktu Layanan

x 45 menit
J
Sumber

dara1300001041.2014Tentang bullying. http://blog.uad.ac.id ( diakses tenggal 9 juli 2019)
www.faktor-faktor dari bullying.com. ( diakses tenggal 9 juli 2019)
K
Metode/teknik

Problem solving, Diskusi kelompok
L
Media/alat

 LCD, Laptop, PPT, ringkasan materi, LKPD,
M
Pelaksanaan



Tahap Awal /Pedahuluan

Uraian Kegiatan

a.  Pernyataan tujuan




1. Membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta didik dengan
3. Mengecek kehadiran, menanyakan kabar dan pelajaran sebelumnya.
4. Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling
5. Memberikan ice breaking untuk menarik perhatian dan membuat suasasana lebih menyenangkan

b.  Penjelasan tentang kegiatan

Guru BK menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab serta membuat peserta didik berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan layanan tersebut

c.  mengarahkan kegiatan (konsolidasi)

Guru BK memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan kepada peserta didik tentang cyber bullying

Tahap transisi

Guru bk menanyakan kesiapan peserta didik terkait dengan layanan yang akan dilaksanakan serta menanyakan kesiapan peserta didik memasuki tahap inti

Tahap inti

Uraian Kegiatan

a.    Kegiatan peserta didik

1.    Peserta didik mengamati video tentang korban cyber bullying
2.    Peserta didik mengerjakan lembar kerja 1.1 untuk menelaah tanda-tanda terjadinya bullying lewat dunia maya yang dialaminaya
3.    Peserta didik mengerjakan lembar kerja 1.2 untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penyebab terjadinya bullying di dunia maya yang dialaminya
4.    Peserta didik membentuk 4  kelompok
5.    Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan mengerjakaan lembar kerja 2.1 bagaimana dampak negatif cyber bullying
6.    Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan mengerjakaan lembar kerja 2.2 bagaimana cara-cara mengatasi bullying didunia maya
7.    Guru BK memimpin diskusi Peserta didik tetang cara-cara mengatasi kejenuhan dalam belajar
8.    Peserta didik melakukan ice breaking/game

b.    Kegiatan Guru Bk

1.    Guru BK menampilkan gambar dan slide terkait kejenuhan dalam belajar
2.    Guru BK membagikan lembar kerja untuk menelaah tanda-tanda terjadinya bullying lewat dunia maya yang dialaminaya
3.    Guru BK membagikan lembar kerja untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penyebab terjadinya bullying di dunia maya
4.    Guru BK merefleksi pengalaman bullying yang terjadi di dunia maya
5.    Guru BK membagi peserta didik dalam 4 kelompok
6.    Guru BK membagikan Lembar kerja 2
7.    Guru BK memimpin diskusi Peserta didik tetang cara-cara mengatasi bullying terjadi di dunia maya
8.    Guru memberikan ice breaking/games kepada peserta didik untuk kembali fresh dengan suasana yang menyenangkan

Tahap Penutup

1.    Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan akhir sebagai penguatan
2.    Guru BK menyampaikan materi layanan untuk pertemuan berikutnya.
3.    Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam
N
Evaluasi


Evaluasi proses

Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudah disiapkan.
2.  Sikap atau antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK

Evaluasi Hasil

Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1.  Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
O
Tindak Lanjut

Melakukan bimbingan kelompok dengan tema bullying
P
Lampiran-Lampiran


1.      Uraian materi
2.      Skenario pelaksanaan layanan
3.      Lampiran media
4.      Lembar kerja peserta didik
5.      Instrumen evaluasi proses
6.      Instrumen evaluasi hasil


Hal yang harus di perhatikan dalam membuat Lembar Kerja Peserta didik yakni dengan melihat tujuan khusus / indikator pada layanan klasikal berikut contoh LKPD khusus untuk layanan klasikal pada layanan bimbingan konseling untuk siswa kelas 10 SMA, dalam layanan konseling LKPD itu sebenarnya tidak ada karena layanan klasikal diperuntukkan pengembangan Afektif sementara pada saat pelaksanaan PPG yang saya jalani ada penilaian untuk Pembuatan LKPD maka kami berinisiatif untuk membuat LKPD yang mengarah ke pengembangan Afektif. Semoga tulisan ini memberikan manfaat apabila ada kekurangan bisa komen di kolom Komentar, Nah berikut contoh LKPD yang saya buat  :
Isilah pernyataan berikut bersama teman kelompok
1.      Apa pendapatmu setelah melihat video di tayangkan tadi?
Jawab : …………………………………………………………………………………..........
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
2.      Menurut kamu cyber bullying itu apa?
Jawab : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Apa saja faktor penyebab adanya keinginan seseorang melakukan tindakan cyber bullying
Jawab : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
4.      Jelaskan cara kamu menghindar bullying
Jawab : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Tidak ada komentar: