Rabu, 14 Oktober 2020

RPL KLASIKAL. KEJENUHAN BELAJAR DIRUMAH MASA PANDEMIK COVID_19

 RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN DARING





DARURAT PANDEMI COVID-19

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Satuan Pedidikan

:

SMKN 1 SELAYAR

 

 

Komponen

:

Layanan Dasar

 

 

Bidang Layanan

:

Belajar

 

 

Topik / Tema Layanan

:

KEJENUHAN BELAJAR DIRUMAH MASA PANDEMIK

 

 

Kelas / Semester

:

X, XI, XII / GANJIL

 

 

Alokasi Waktu

:

20 menit

 

 

1.

Tujuan Layanan

1.   Mengidentifikasi cara-cara belajar yang efektif saat pandemi covid-19

2.   Menjelaskan bagaimana belajar yang efektif saat pandemi covid-19

3.   Mengklasifikasi berbagai macam model belajar

4.   Menganalisis teknik belajar yang efektif saat pandemi

2.

Pendekatan dan metode

1.    Pendekatan : Kontekstual / Contextual Teaching and Learning (CTL)

2.    Strategi        : pembelajaran berbasis masalah

3.    Metode         Daring Asingkron

3.

Alat dan media

1.    HP/Komputer yang terkoneksi dengan internet

2.    Materi handout yang diposting di blog, kemudian link handout dibagikan di Whatsap

3.

Langkah-langkah Kegiatan Layanan

 Tahap Awal/Pendahuluan

1.   Membuka dengan salam dan berdoa di group whatsApp kelas

2.   Membina hubungan baik dengan peserta didik di dalam group

3.   Menyampaikan tujuan layanan sehubungan dengan materi yang akan disampaikan

4.   Menanyakaan kesiapan kepada peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan daring

 Tahap Inti

1.   Membagikan link handout kejenuhan belajar dirumah masa pandemic yang telah di upload di blog

2.   Peserta didik membuka link dan dan membaca handout di blog

3.   Curah pendapat dan Tanya jawab untuk materi yang ada di handout

4.   Peserta didik yang kurang faham akan diberi kesempatan bertanya dengan cara memunculkan emoji tangan.

5.    Menampilkan beberapa flyer yang ada hubungannya dengan materi layanan

6.    Memberi kesempatan kepada 2-3 anak untuk berkomentar dengan microphone

whatsApp dan dikirim di group

Tahap Penutup

1.   Membuat kesimpulan terkait materi layanan

2.   Membagikan link google formulir https://bit.ly/feedbackBK yang berisi umpan balik dari layanan hari ini.

3.   Menyampaikan rencana layanan yang akan datang Kegiatan diakhiri dengan doa dan salam

4.

Evaluasi

1. Evaluasi Proses : Menyimak proses jalannya layanan via whatsApp group tentang sikap 

    dan keaktifan para peserta dalam mengikuti layanan..

2. Evaluasi Hasil : Evaluasi dari hasil layanan ini akan dilakukan secara daring melalui link 

    google formulir  http://bit.ly/EvaluasiLayananBK yang akan diisi anggota group

                                                                                                                                                Selayar.....,  Juli 2020

      Mengetahui

      Kepala Sekolah                                                                             Guru BK

 

 

      MAKKASOLLAH, S.Pd                                                              NUR DINAWATI, S.Pd, Gr

      NIP19740607 200604 1 016                                                  NIP. 19830426 200903 2 003

 +

Tidak ada komentar: