Senin, 19 Oktober 2020

SCRIB PELAKSANAAN SOSIODRA PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

 SKENARIO PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

BIDANG SOSIAL

Topik              :  mencegah terjadinya perilaku bullying

Kelas               :  X MIPA 6

Metode           :  Sosiodrama

Waktu            :  2 x 45 menit

 

Tahap 1

Tujuan

Kegiatan

Waktu (Menit)

Guru BK

Peserta Didik

Awal

(Pendahuluan)

Membangun hubungan yang baik dan suasana yang efektif dalam layanan bimbingan

 

1.      Guru BK mengucapkan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik

 

1.      Guru BK mengucapkan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik

 

 

 

Menciptakan suasana yang menyenangkan

 

2.      Guru BK menanyakan kesiapan peserta didik mengikuti layanan bimbingan kelompok

3.      Peserta didik menyatakan kesiapannya mengikuti kegiatan bimbingan dan kelompok

 

 

 

 

3.      Guru BK menyatakan tujuan bimbingan kelompok agar peserta didik dapat mengembangkan sikap saling menjaga dan belajar melaporkan kejadian bullying yang terjadi

3.      Siswa menyimak penyampaian guru BK tujuan layanan bimbingan kelompok

 

 

 

4.      Guru BK memberikan kesempatan kepada peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami mengenai layanan bimbingan kelompok

4.      Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami

 

 

 

Peserta didik meklaksanan sosiodrama sesuai langkah-langkah pelaksanaan kegiatan

 

4.      Penjelasan terhadap langkah-langkah kegiatan kelompok

a.       Guru BK menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan

b.      Guru BK menunjuk beberapa peserta didik untuk mempelajari skenario dua hari sebelum layanan bimbingan kelompok

c.       Guru membentuk kelompok sosial yang beranggotakan 5 orang.

d.      Memberikan penjelasan tentang tujuan layanan yang ingin dicapai

e.       Memandu para peserta didik yang telah ditunjuk untuk melakoni skenario yang sedang diperagakan.

f.       Masing-masing peserta didik dengan kelompok memperhatikan skenario yang sedang diperagakan.

g.      Setelah selesai di pentaskan masing-masing peserta didik diberi kertas untuk membahas.

h.      Masing-masing peserta didik menyampaikan hasil dari kesimpulannya

i.        Evaluasi

j.        Penutup

4.      Peserta didik mengikuti kegiatan bimbingan kelompok sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan oleh Guru BK

 

 

 

Peserta didik tidak melakukan hal-hal yang tidak seusai dengan langkah-langkah sosiodrama

5.      Guru BK menyiapkan melakukan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukannya

5.      Peserta didik berkomitmen mengikuti seluru rangkaian kegiatan sesuai penjelasan langkah-langkah kegiatan

 

Tahap 2

 

 

 

 

Inti

Peserta didik mengamati dan mampu memahami alur cerita dalam sosiodrama yang dilaksanakan

Pertemuan pertama :

a.       Menjelaskan secara singkat tentang sosiodrama

b.      Menjelaskan terkait prosedur dan tata pelaksanaan sosiodrama.

c.       Menetapkan peserta didik yang menjadi pemeran protagonis, pendukung, dan observer (penonton)

d.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memahami jalan cerita dari naskah yang telah disusun

e.       Mengarahkan peserta didik untuk mempraktekkan dan mencoba untuk melakukan peran masing-masing

f.       Menjelaskan tugas dan fungsi observer dalam pelaksanaan sosiodrama

 

 

a.       Menyimak penjelasan guru tentang pelaksanaan sosiodrama

b.      Mengikuti prosedur pelaksanaan sosiodrama

c.       Memerankan peran sesuai tugas masing-masing siswa

 

 

d.      Peserta didik menyimak jalan cerita

 

e.       Mempraktekkan peran masing-masing

 

 

 

Pertemuan kedua :

a.       Memandu jalannya cerita sosiodrama

 

b.      Mendorong peserta didik untuk memperoleh atau memainkan peran secara spontan berinteraksi dan komunikasi dalam cerita, sesuai dengan jalannya cerita

c.       Menceritakan dan memandu proses sosiodrama adegan demi adegan

d.      Mengawasi dan memberikan arah kepada peserta didik melakukan peran yang diperoleh sampai selesai.

e.       Mengapresiasi penampilan dari pemeran diakhir penampilan dan melakukan diskusi

f.       Pembahasan melalui diskusi kelas mencakup :

-          Memimpin jalannya diskusi

-          Mendorong peserta didik yang berperan dan observer untuk memberikan umpan balik terkait pelaksanaan sosiodrama

-          Menetralisir umpan balik yang bersifat menyerang dan menjatuhkan salah satu peran yang ada

-          Mendorong peserta didik untuk aktif menanggapi jika kejadian dalam sosiodrama terjadi dan dialami peserta didik secara nyata.

-          Mendorong peserta didik untuk mengungkapkan apa isi dari adegan yang di ungkapkan

-          Mendorong peserta didik mengungkapkan manfaat apa saja dari bullying

-          Mendorong peserta didik untuk memetik hikmah dari alur cerita sosio drama

g.      Memberikan kesempatan untuk menyimpulkan pembahasan diskusi kelas

h.      Mengkonfirmasi kesimpulan-kesimpulan dari peserta didik

i.        Memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan perasaan dan rencana terkait dengan topik yang diperagakan dalam sosiodrama

 

j.        Menjelaskan permainan atau ice breakin jika diperlukan..

 

a.       Melakoni skenario cerita yang dibuat guru BK

b.      Memainkan peran sesuai peran yang ditugaskan masing-masing

 

 

c.       Melakukan sosiodrama sesuai panduan guru BK

 

 

 

 

 

 

 

d.      Mendiskusikan sosiodrama yang telah diamati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e.       Mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru BK

 

f.       Menyampaikan kesimpulan diskusi kelompok

g.      Menyampaikan kesan dan rencana selanjutnya mengenai topik sosiodrama yang di jelaskan

 

 

 

Tahap 3

 

 

 

 

penutup

Peserta didik mampu menyimpulkan hasil layanan bimbingan kelompok

1.      Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelomp

Peserta didik mendengarkan pengutan yang diberikan oleh Guru BK

 

 

 

2.      Merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama

Peserta didik yang mengalami hal uang sama dengan sosiodrama akan melakukan konseling individual

 

 

 

3.      Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming)

Ketua kelas memimpin doa

Dan mengucapkan salam

 

 


SCRIP KEGIATAN SOSIODRAMA

 

A.    SKENARIO SOSIODRAMA

1.      Topik                                       : Mencegah terjadinya perilaku bullying

2.      Bidang Bimbingan                  : Pribadi dan Sosial

3.      Jenis Layanan                          : Bimbingan kelompok

4.      Fungsi Layanan                       : Pemahaman dan pencegahan

5.      Sasaran                                    : peserta didik kelas X MIPA 6

6.      Tempat kegiatan                      : Ruang kelas

7.      Waktu Pelaksanaan                 : 45 menit

  

B.     GARIS BESAR CERITA

1.      Eksposisi

Riska adalah siswa kelas X MIPA 6 di MAN 2 MAKASSAR, ayah dan ibunya pengusaha sukses, Riska adalah anak yang terkaya di sekolah. Segala fasilitas mewah ia miliki, Riska sangat sombong dan jarang mau bergabung dengan teman temanya. Riska memiliki teman yang perhatian padanya seperti Dita, Yoyok, dan Lulu, disamping itu ada juga teman Riska yang suka iri sama Riska seperti Dede, dan Mita mereka paling tidak suka dengan Riska yang selalu bawah barang mewah ke sekolah.

2.      Konflik

Riska sering kali pamer barang mewah ke sekolah bahkan tidak jarang dia bawa 2 ponsel mahal ke sekolah, bukan Cuma itu Riska sering gonta ganti tas branded, membuat Dede dan Mita, merasa iri dan ingin merampas barang Riska. Dan bahkan Dede dan Mita memeras Riska, jika tidak di beri Dede dan Mita akan menghadang Riska sewaktu pulang sekolah. Dita, Yoyok, dan Lulu. Sering menasehati Riska agar tidak membawa barang mewah ke sekolah. Mereka takut kalau ada orang jahat, yang memperhatikan Riska.

3.      Komplikasi

Riska mulai berubah, dia sering terlihat murung dan tidak mau bergabung dengan teman dikelasnya, sering menyendiri dan kepercayaan dirinya berkurang. Bahkan mulai malas belajar. Dan yang lebih aneh dia sering terlihat ketakutan. Dita, yoyok, dan lulu merasa kasihan dengan keadaan Riska yang tiba-tiba berubah. Sayangnya Riska saat itu tidak bisa diajak bicara, riska Hanya diam. Dita, yoyok dan lulu penasaran dengan keadaan Riska, hingga mereka mendapati Dede dan Mita mengintimidasi Riska dan juga memerasnya. 

4.      Klimaks

Melihat kejadian itu Dita, Yoyok, dan Lulu berinisiatif menolong Riska. Dita mengisyaratkan agar lulu segera melaporkan tindakan Dede dan Mita ke Guru BK, sementara Dita dan Yoyok menolong Riska dari Intimidasi Dede dan Mita. Dan akhirnya setelah di tangani oleh guru BK. Dede dan Mita tidak lagi melakukan tindakan membullying dan mereka kembali akrab seperti sedia kala. Dan mulai hari itu Riska tidak lagi membawa barang mewah ke sekolah.

 

 

5.      Solusi

Dede dan Mita menyesali perbuatannya dan berjanji tidak lagi mengintimidasi dan memeras Riska. Semenjak saat itu Riska mulai tau kalau Dede dan Mita memperlakukannya secara kasar karena kelakuannya sendiri dan mulai hari itu Riska berjanji Tidak akan membawa barang-barang mewah lagi ke sekolah.

 

Riska adalah siswa kelas X MIPA 6 di MAN 2 MAKASSAR, ayah dan ibunya pengusaha sukses, Riska adalah anak yang terkaya di sekolah. Segala fasilitas mewah ia miliki, Riska sangat sombong dan jarang mau bergabung dengan teman temanya. Setiap kali orang tua Riska, keluar negeri. Riska pasti dapat oleh-oleh barang mewah, mulai dari tas sekolah, peralatan belajar, sepatu, hendphone, dan lektop. Riska juga memiliki banyak koleksi tas sekolah sehingga dia sering gota-ganti tas.

Meskipun riska kaya tapi dia juga termasuk anak yang ceria, pintar, dan selalu dibanggakan guru. riska memiliki teman yang perhatian padanya seperti Dita, Yoyok, dan Lulu, mereka sangat baik, dan selalu sabar denga kelakuan riska yangagak sombong. Terkadang mereka menasehati riska agar tidak membawa barang mewah dari rumah. Mereka khawatir ada orang jahat yang memanfaatkan situasi dan mengambil barang barang riska.

Disamping itu ada juga teman Riska yang suka iri sama Riska seperti Dede, dan Mita mereka paling tidak suka dengan Riska yang selalu bawah barang mewah ke sekolah. Suatu hari mereka kesal melihat Riska membawa 2 hand phone mahal, mereka berinisiatif mengintimidasi Riska. Mereka mengambil salah satu hand phone riska Dan mereka hanya akan mengembalikan jika riska memberi mereka uang pengganti. Hal itu dilakukan berkali-kali bahkan mengancam jika keinginan mereka tidak dituruti

Riska mulai berubah, dia sering terlihat murung dan tidak mau bergabung dengan teman dikelasnya, sering menyendiri dan kepercayaan dirinya berkurang. Bahkan mulai malas belajar. Dan yang lebih aneh dia sering terlihat ketakutan. Bahkan riska kadang tidak datang kesekolah dengan alasan sakit perut.

Dita, yoyok, dan lulu merasa kasihan dengan keadaan Riska yang tiba-tiba berubah. Sayangnya Riska saat itu tidak bisa diajak bicara, riska Hanya diam. Dita, yoyok dan lulu penasaran dengan keadaan Riska, hingga mereka mendapati Dede dan Mita mengintimidasi Riska dan juga memerasnya. Melihat kejadian itu Dita, Yoyok, dan Lulu berinisiatif menolong Riska. Dita mengisyaratkan agar lulu segera melaporkan tindakan Dede dan Mita ke Guru BK, sementara Dita dan Yoyok menolong Riska dari Intimidasi Dede dan Mita. Dan akhirnya setelah di tangani oleh guru BK. Dede dan Mita tidak lagi melakukan tindakan membullying dan mereka kembali akrab seperti sedia kala. Dan mulai hari itu Riska tidak lagi membawa barang mewah ke sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    PEMAIN DAN RAMBU-RAMBU PEMAIN

No.

Pemain

Watak

1.

Riska

Sombong

Suka pamer

Kurang percaya pada orang lain

2.

Dita

Baik hati,

Setia kawan

Perhatian

Berjiwa pemimpin

3.

Yoyok

Pemberani

Perhatian

Setia kawan

4.

Lulu

Lucu,

Penakut

Berani melapor

5.

Dede

Malas

Angkuh

Iri hati

Kurang empati

6.

Mita

Malas

Angkuh

Iri hati

Kurang empati

7.

GURU BP

Sabar,

perhatian,

tegas,

pengertian,

pandai

dan keibuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.    RINCIAN ADEGAN

Adegan I

Pada saat istirahat Dita, yoyok, dan lulu bergegas ke kantin, seperti biasa mereka mengisi perut mereka yang sudah mulai keroncongan. Disana mereka bercerita mengenai kelakuan riska yang akhir-akhir ini berubah. Dulunya sangat periang sekarang berubah jadi pemurung, kadang-dang tidak datang ke sekolah tanpa pemberitahuan yang jelas. Mereka curiga kalau-kalau riska sedang bermasalah.

Adegan II

Di kelas riska di bullying sama dede dan mita mereka menjambak, menginterogasi riska, sehingga terlihat riska ingin menangis, kemudian dede dan mita mengancam riska kalau melapor ke guru atau ke orang tua yang akan mereka lakukan lebih kejam. Dede dan mita juga memeras Riska. Akan tetapi perbuatan mereka hari itu tidak sengaja di lihat oleh dita, yoyok, dan lulu.

Adegan III

Dita menyuruh lulu melapor ke guru BK, sedangkan Dita dan yoyok akan menolong riska yang mengalami penindasan. Dede dan Mita tidak menyadari kalau perbuatan mereka diketahui oleh Dita dan Yoyok. Dede dan Mita tidak mempedulikan Dita dan Yoyok, mereka terus saja menjambak Riska. Dita dan Yoyok berusaha menghalangi Dede dan Mita agar tidak melakukan penjambakkan lagi. 

Adegan IV

Beberapa menit kemudian guru BK dan lulu mendatangi kelas. Dede dan mita mulai berhenti menindas Riska. Mereka takut akan dihukum oleh Guru Bk. Kemudian guru BK meminta dede dan mita segera ke ruang BK untuk membicarakan permasalahannya.

Adegan V

Beberapa hari kemudian masalah mulai menjadi kondusif. Tidak ada lagi perlakuan membullying teman, riska juga terlihat lebih ceria. Namun yang berbeda kali ini Riska Tidak lagi pamer-pamer kekayaan. Dia mulai berbaur dengan teman-teman sedangkan dede dan mita juga mulai berteman dengan riska.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKPD BIMBINGAN KELOMPOK

 

 

TOPIK/ TEMA                     : MENCEGAH TERHADINYA PERILAKU BULLYING

METODE/ TEKHIK            : SOSIODRAMA

 

 Yang ingin saya lakukan saat melihat teman yang murung dan tak mau bergabung saya akan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ketika seseorang dipermalukan yang akan saya lakukan adalah

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jika saya memiliki teman yang kerap kali membullying  yang saya lakukan agar dia tidak melakukan lagi bullying adalah

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI PROSES BIMBINGAN KELOMPOK

 

Hari/ Tanggal : …………………………..                Kelas               : …………………………….

Materi              : …………………………..                Guru BK         : …………………………….

 

Petunjuk :

Guru BK memberikan skor penilaian aspek yang di observasi pada masing-masing siswa sesuai dengan kolom yang telah disediakan dengan kriteria berikut :

Skor 5 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan sangat baik

Skor 4 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan baik

Skor 3 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan cukup baik

Skor 2 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan kurang baik

Skor 1 jika hal ini dilakukan peserta didik dengan sangat kurang baik

No.

Aspek Yang Di Observasi

Nama peserta didik/nomor urut sesuai dengan keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

Keaktifan peserta didik mengikuti layanan BKP teknik sosiodrama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

antusias dalam setiap kegiatan BKP teknik sosiodrama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Perhatian Peserta didik harus saat Guru BP menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan sosiodrama  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Keberanian peserta didik dalam bertanya ketika ada hal yang kurang dimengerti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Partisipasi peserta didik berpendapat mengenai topik sosiodrama yang diperagakan 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Kesesuaian dialog pemeranan dengan alur skenario

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Respon peserta didik ketika proses diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Komunikasi peserta didik dalam kelompok bersama peserta didik yang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Mengembangkan hubungan positif dalam kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Keaktifan peserta didik dalam memberi kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Keaktifan peserta didik dalam proses evaluasi bimbingan kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKOR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria Penentuan Skor

Skor Total = 

Kriteria hasil 
Bentangan	Kategori
74 – 100	Sangat Aktif
68 – 73	Aktif
52 – 67	Cukup Aktif
36 – 51 	Kurang Aktif
20 – 35 	Sangat Kurang Aktif 

Makassar,     September 2019

Mahasiswa PPG DJ

 

 

Nur Dinawati, S,Pd

                                                                                                                      NIM. 1990102004

 

 

Keterangan Nomor Peserta didik

No.

Nama Peserta Didik

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI PROSES PELAKSANAAN SOSIODRAMA

 

Kelas                           : ………………………………………………………………

Hari/ Tanggal            : ………………………………………………………………

Tema                          : Mencegah Terjadinya Perilaku Bullying

No.

Aspek Indikator Penilaian

Nama peserta didik/nomor urut sesuai dengan keterangan

 1

 2

 3

4

 5

 6

7

8

9

10

A.

Persiapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Keterlibatan dalam bermain peran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Peran dari tokoh yang diperankan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.

Penghayatan peran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Penjiwaan karakter yang diperankan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Semangat bermain peran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.

Penampilan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Berakting sesuai dengan karakter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Kesesuaian kostum dengan karakater

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Ekspresi sesuai dengan peran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.

Kerjasama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Membantu teman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Tenggang rasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman perkantoran
Skor 4 apabila sangat baik sesuai indikator penilaian
Skor 3 apabila baik sesuai indikator penilaian
Skor 2 apabila cukup baik sesuai dengan indikator penilain
Skor 1 apabila kurang baik sesuai indikator penilain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keterangan Nomor Peserta didik

No.

Nama Peserta Didik

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

KEPUASAN SISWA

TERHADAP LAYANAN BIBINGAN KELOMPOK

 

 

 

Identitas

Nama Peserta didik                 : ……………………………………………

Kelas                                       : ……………………………………………

Nama guru BK/Konselor        : ……………………………………………

 

Petunjuk

3.      Bacalah secara teliti

4.      Berikan centang (Ö) pada kolom jawaban yang tersedia

5.      Skor untuk masing-masing Pilihan jawaban adalah sebagai berikut :

3 = sangat memuasakan

2 = memuaskan

1 = kurang memuaskan

 

No.

Aspek yang dinilai

Sangat

Memuaskan

Memuaskan

Kurang

Memuaskan

1

Penerimaan guru BK/Konselor terhadap kehadiran anggota kelompok

 

 

 

2

Waktu yang disediakan untuk bimbingan kelompok

 

 

 

3

Kesempatan yang diberikan guru BK/

Konselor kepada anggota kelompok untuk menyampaikan pendapat/ide

 

 

 

4

Kepercayaan anda terhadap guru BK/

Konselor dalam layanan bimbingan

kelompok

 

 

 

5

Hasil yang diperoleh dalam bimbingan kelompok

 

 

 

6

Kenyamanan dalam bimbingan kelompok

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Kriteria penentuan Skor
Skor Total =(jumlah sekor)/18  x 100
Kriteria Hasil
Rentangan 	Kategori 
79 – 100	Sangat Memuaskan 
56 – 78 	Memuaskan 
33 – 55 	Kurang Memuaskan 

      Makassar, …. September 2019

Peserta Didik

 

 

 

 

……………………………….

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN HASIL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

 

Nama Peserta didik                : ………………………………………….

Kelas                                      : ………………………………………….

Topik                                      : ………………………………………….

 

Pernyataan di bawah ini berisikan tentang hasil yang kamu peroleh setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Baca dengan cermat setiap pernyataan tersebut. Berikan jawaban dengan cara memberi cek (Ö) pada salah satu jawaban yang sesuai.

SS : Sangat Sesuai (5)                                                KS   : Kurang sesuai (2)

S   : Sesuai (4)                                                            STS  : Sangat Tidak Sesuai (I)

CS : Cukup Sesuai

Jawaban anda tidak menuntut jawaban benar dan salah. Jawablah semua dengan sungguh-sungguh dan jujur sesuai dengan diri kamu. Hasil dari instrumen ini tidak mempengaruhi nilai pelajaran anda disekolah, namun bermanfaat sebagai pertimbangan pemberian layanan berikutnya. Atas bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

 

Aspek yang dinilai

Skor

SS

S

CS

KS

STS

Pemahaman Baru

1

Saya mendapatkan pemahaman baru mengenai kegiatan sosiodrama yang diperankan kelompok

 

 

 

 

 

2

Saya jelaskan kembali mengenai sosiodrama yang telah diperankan oleh kelompok

 

 

 

 

 

3

Saya mampu mendiskusikan inti dari sosiodrama

Yang telah diperankan oleh kelompok

 

 

 

 

 

4

Saya dapat memberikan contoh perilaku yang

sesuai dengan sosiodrama yang telah diperankan di kelompok

 

 

 

 

 

5

Saya dapat menyimpulkan mengenai manfaat dan kegunaan dari materi yang disampaikan.

 

 

 

 

 

Perasaan Positif

6

Saya merasa senang karena dalam kegiatan sosiodrama ini mengajarkan saling berbagi ide, gagasan, pendapat, dan pengalaman 

 

 

 

 

 

7

Saya merasa dihargai selama pelaksanaan layanan ini

 

 

 

 

 

8

Saya merasa puas mengikuti layanan ini karena dilakukan dengan cara menyenangkan

 

 

 

 

 

9

Saya senang karena merasa materi yang disampaikan bermanfaat bagi kehidupan saat ini dan yang akan datang

 

 

 

 

 

10

Saya merasa rega karena merasa terbantu akan layanan ini

 

 

 

 

 

 

 

Rencana kegiatan Setelah Layanan

11

Saya akan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan dari layanan ini sebagai dasar bertindak dan berperilaku

 

 

 

 

 

12

Saya melaksanakan hal-hal yang positif terkait kegiatan sosiodrama yang akan diperankan oleh kelompok dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

13

Saya mengembangkan potensi yang saya miliki setelah mengikuti kegiatan ini

 

 

 

 

 

14

Saya menerima kemampuan terbaik terhadap suatu sikapsetelah mengikuti kegiatan layanan ini

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria Penentuan Skor

Skor Total = (jumlah skor)/70 x 100
Rentang	Katrgori
74 – 100	Sangat Baik
68 – 73	Baik
52 – 67	Cukup Baik
36 – 51	Kurang Baik
20 – 35	Sangat Kurang Baik

Makassar,     September 2019

Peserta didik

 

 

 

 

 

………………………..

 

Tidak ada komentar: