Selasa, 18 Juni 2024

MULAI DARI DIRI SENDIRI MODUL 2.1 PEMEBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MURID

 






KEGIATAN MULAI DARI DIRI SENDIRI 

MODUL 2.1 PEMEBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MURID



Salah satu cara yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi? Mengutip dari Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi diartikan sebagai usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Selain itu pembelajaran berdiferensiasi diartikan sebagai pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut

 

Question 1

Di setiap awal pembelajaran saya selalu melakukan assessment diagnostik baik yang non kognitif maupun yang kognitif. Hal itu saya lakukan untuk dapat mengetahui kesiapan belajar murid saya, minat dan motivasi belajar murid saya saat itu. Pada awal tahun pembelajaran pun saya sering melakukan survey gaya belajar murid saya dengan kuesioner untuk mengetahui gaya belajar murid apakah kinestetik, visual, audio, atau audiovisual. Hal ini saya lakukan karena akan menentukan desain pembelajaran yang akan saya rancang. Saya sering menyediakan sumber belajar yang berbeda seperti dalam bentuk E-modul, infografis, PPT, Video, buku paket, rangkuman materi. Hal ini saya lakukan agar bisa mempermudah dalam memenuhi kebutuhan belajar murid saya.

Question 2

Pertama, mereka mempunyai visi dan misi yang berbeda, bahkan ada beberapa yang masih belum jelas visi belajar dan sekolahnya. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran terkadang sedikit terhambat. Secara pribadi, memang untuk mengatasi keberagaman yang variasinya banyak, tidak cukup hanya dalam sekali tatap muka selesai. Perlu waktu lama dan kesabaran. Apalagi beberapa murid lambat dalam menerima pelajaran dan mengumpulkan tugas. Perlunya banyak strategi pembelajaran agar murid selalu antusias belajar, Kedua, berkurangnya waktu pembelajaran karena ada yang kurang bersemangat dalam pembelajaran karena kurangnya minat dan motivasi dalam belajar.

 

Question 3

Pertama, saya merancang pembelajaran dengan memperhatikan keragaman, kemampuan, dan kebutuhan murid. Saya merancang pembelajaran berdasarkan pendapat dari para siswa sehingga mereka bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan keinginannya. Proses belajar direncanakan secara terperinci sejak membuat rancangan pembelajaran baik berupa RPP atau Modul ajar. Kedua, memilih materi yang esensial dan ringan sehingga tidak terlalu berat. Tentu saja untuk menjawab segala tantangan dalam pembelajaran dibutuhkan rancangan pembelajaran yang mengakomodasi keragaman tersebut dengan melihat motivasi belajar, kemampuan belajar, perasaan mereka, pikiran mereka. Yang itu semua menurut saya, tentu usaha yang lebih keras, bisa dengan penugasan yang lebih banyak, dengan menambah jam-jam belajar. Kemudian, tentu juga harus memperhatikkan filosofi KHD yaitu mendidik siswa sesuai dengan kodrat mereka. Tentu saja, evaluasi yang menyeluruh juga dibutuhkan dapat dilakukan untuk mengakomodasi keragaman siswa yang berbeda-beda. Dan yang paling penting adalah, dengan melakukan refleksi di akhir pembelajaran sehingga pembelajaran ke depan dapat menjadi lebih baik. Tentu itu semua, dalam pikiran saya, Belajar itu harus menyenangkan

 

Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran ini:

1.     Apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas saya?

2.     Bagaimana saya dapat mengelola kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar murid?

3.     Apa yang saya ketahui tentang latar belakang murid saya, pembelajaran yang telah dilakukan oleh mereka sebelumnya, dan perkembangan keterampilan mereka?

4.     Apa yang saya ketahui tentang minat murid saya (di sekolah dan di luar), motivator, dan tujuan mereka?

5.     Apa yang saya ketahui tentang profil belajar murid saya?

6.     Bagaimana saya bisa menggunakan informasi tentang minat, kesiapan dan profil belajar murid saya untuk membantu saya merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif?

 

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Sebagai dasar penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah memetakan kebutuhan murid. Dalam memetakan kebutuhan murid, yang perlu di perhatikan guru adalah meliputi 3 aspek yaitu Kesiapan belajar murid, minat belajar dan profil belajar murid. Ada 3 strategi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu:

·        Diferensiasi konten (merujuk pada apa yang akan dipelajari murid)

·        Diferensiasi proses ( merujuk pada Proses seperti /Bagaimana murid memahami, memaknai informasi atau materi apa yang akan dipelajari)

·        Diferensiasi produk (merujuk pada Hasil dari proses belajar siswa)

Pembelajaran berdiferensiasi sangat dipengaruhi oleh Lingkungan Belajar yang dapat diciptakan dari Learning Community (Komunitas belajar). Karakteristik Komunitas Belajar (Carol and Tomlinson):

·        Rasa menyambut dan disambut dengan baik

·        Saling menghargai Murid merasa aman

·        Ada harapan bagi pertumbuhan

·        Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan

·        Ada keadilan dalam bentuk yang nyata

·        Guru dan siswa melakukan kolaborasi untuk mencapai kesuksesan Bersama

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Gagasan mengenai penerapan pembelajaran diferensiasi yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam memetakan kebutuhan siswa sehingga guru bisa lebih adil kepada siswa. Adil dalam artian tidak menyamaratakan tugas akan tetapi harus melihat dari segi kesiapan,minat  bakat masing-masing siswa serta profil belajar siswa, Sehingga pembelajaran di kelas akan bermakna bagi murid.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Menurut saya yang sulit untuk dimplementasikan adalah kegiatan penilaian formatif. Sebab penilaian formatif dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung secara berkelanjutan dan konsisten, sedangkan kadangkala sebagai guru karena terbentur beberapa tugas diluar pembelajaran di kelas konsistensi tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Setelah memetakan kebutuhan siswa, bagaimana guru memenuhi kebutuhan siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi apabila profil belajar siswa tersebut berbeda, strategi apa yang tepat digunakan agar pembelajaran diferensiasi dapat terlaksana dengan baik?

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: