KEGIATAN MULAI DARI DIRI SENDIRI
MODUL 2.1 PEMEBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MURID
Salah satu cara yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi? Mengutip dari Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi diartikan sebagai usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Selain itu pembelajaran berdiferensiasi diartikan sebagai pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut
Question 1
Di setiap awal pembelajaran saya
selalu melakukan assessment diagnostik baik yang non kognitif maupun yang
kognitif. Hal itu saya lakukan untuk dapat mengetahui kesiapan belajar murid
saya, minat dan motivasi belajar murid saya saat itu. Pada awal tahun
pembelajaran pun saya sering melakukan survey gaya belajar murid saya dengan
kuesioner untuk mengetahui gaya belajar murid apakah kinestetik, visual, audio,
atau audiovisual. Hal ini saya lakukan karena akan menentukan desain
pembelajaran yang akan saya rancang. Saya sering menyediakan sumber belajar
yang berbeda seperti dalam bentuk E-modul, infografis, PPT, Video, buku paket,
rangkuman materi. Hal ini saya lakukan agar bisa mempermudah dalam memenuhi
kebutuhan belajar murid saya.
Question 2
Pertama, mereka mempunyai visi
dan misi yang berbeda, bahkan ada beberapa yang masih belum jelas visi belajar
dan sekolahnya. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran terkadang sedikit
terhambat. Secara pribadi, memang untuk mengatasi keberagaman yang variasinya
banyak, tidak cukup hanya dalam sekali tatap muka selesai. Perlu waktu lama dan
kesabaran. Apalagi beberapa murid lambat dalam menerima pelajaran dan
mengumpulkan tugas. Perlunya banyak strategi pembelajaran agar murid selalu
antusias belajar, Kedua, berkurangnya waktu pembelajaran karena ada yang kurang
bersemangat dalam pembelajaran karena kurangnya minat dan motivasi dalam
belajar.
Question 3
Pertama, saya merancang
pembelajaran dengan memperhatikan keragaman, kemampuan, dan kebutuhan murid.
Saya merancang pembelajaran berdasarkan pendapat dari para siswa sehingga
mereka bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan keinginannya. Proses belajar direncanakan
secara terperinci sejak membuat rancangan pembelajaran baik berupa RPP atau
Modul ajar. Kedua, memilih materi yang esensial dan ringan sehingga tidak
terlalu berat. Tentu saja untuk menjawab segala tantangan dalam pembelajaran
dibutuhkan rancangan pembelajaran yang mengakomodasi keragaman tersebut dengan
melihat motivasi belajar, kemampuan belajar, perasaan mereka, pikiran mereka.
Yang itu semua menurut saya, tentu usaha yang lebih keras, bisa dengan
penugasan yang lebih banyak, dengan menambah jam-jam belajar. Kemudian, tentu
juga harus memperhatikkan filosofi KHD yaitu mendidik siswa sesuai dengan
kodrat mereka. Tentu saja, evaluasi yang menyeluruh juga dibutuhkan dapat
dilakukan untuk mengakomodasi keragaman siswa yang berbeda-beda. Dan yang paling
penting adalah, dengan melakukan refleksi di akhir pembelajaran sehingga
pembelajaran ke depan dapat menjadi lebih baik. Tentu itu semua, dalam pikiran
saya, Belajar itu harus menyenangkan
Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran ini:
1. Apa konsekuensi dari keragaman murid-murid
yang ada di kelas saya?
2. Bagaimana saya dapat mengelola kelas untuk
memenuhi kebutuhan belajar murid?
3. Apa yang saya ketahui tentang latar belakang
murid saya, pembelajaran yang telah dilakukan oleh mereka sebelumnya, dan
perkembangan keterampilan mereka?
4. Apa yang saya ketahui tentang minat murid saya
(di sekolah dan di luar), motivator, dan tujuan mereka?
5. Apa yang saya ketahui tentang profil belajar
murid saya?
6. Bagaimana saya bisa menggunakan informasi
tentang minat, kesiapan dan profil belajar murid saya untuk membantu saya
merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif?
1. Informasi atau
fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Sebagai dasar penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah
memetakan kebutuhan murid. Dalam memetakan kebutuhan murid, yang perlu di
perhatikan guru adalah meliputi 3 aspek yaitu Kesiapan belajar murid, minat
belajar dan profil belajar murid. Ada 3 strategi dalam menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi yaitu:
·
Diferensiasi konten (merujuk pada apa yang akan
dipelajari murid)
·
Diferensiasi proses ( merujuk pada Proses
seperti /Bagaimana murid memahami, memaknai informasi atau materi apa yang akan
dipelajari)
·
Diferensiasi produk (merujuk pada Hasil dari
proses belajar siswa)
Pembelajaran berdiferensiasi sangat dipengaruhi oleh
Lingkungan Belajar yang dapat diciptakan dari Learning Community (Komunitas
belajar). Karakteristik Komunitas Belajar (Carol and Tomlinson):
·
Rasa menyambut dan disambut dengan baik
·
Saling menghargai Murid merasa aman
·
Ada harapan bagi pertumbuhan
·
Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
·
Ada keadilan dalam bentuk yang nyata
·
Guru dan siswa melakukan kolaborasi untuk
mencapai kesuksesan Bersama
2. Gagasan baru apa
yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
Gagasan mengenai penerapan
pembelajaran diferensiasi yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam
memetakan kebutuhan siswa sehingga guru bisa lebih adil kepada siswa. Adil
dalam artian tidak menyamaratakan tugas akan tetapi harus melihat dari segi
kesiapan,minat bakat masing-masing siswa serta profil belajar siswa,
Sehingga pembelajaran di kelas akan bermakna bagi murid.
3. Apakah yang
menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Menurut saya yang sulit untuk dimplementasikan
adalah kegiatan penilaian formatif. Sebab penilaian formatif dilakukan pada
saat proses pembelajaran berlangsung secara berkelanjutan dan konsisten,
sedangkan kadangkala sebagai guru karena terbentur beberapa tugas diluar
pembelajaran di kelas konsistensi tersebut sangat sulit untuk dilakukan.
4. Pertanyaan apakah
yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait
dengan isi video dan artikel tersebut?
Setelah memetakan kebutuhan siswa, bagaimana guru memenuhi
kebutuhan siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi apabila profil
belajar siswa tersebut berbeda, strategi apa yang tepat digunakan agar
pembelajaran diferensiasi dapat terlaksana dengan baik?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar