Jumat, 21 Juni 2024

diskusi Aksinyata Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajara siswa

 Silahkan gunakan forum ini untuk berdiskusi terkait implementasi aksi nyata yang akan Anda lakukan, atau berbagi ide, gagasan, saran/masukan, solusi, ataupun permasalahan dan pengalaman dengan CGP lain.



2.1.k. Aksinyata modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa

Pengalamanku dalam pembelajaran diferensiasi

Setelah saya mengikuti pembelajaran diferensiasi pada modul 2.1 dimulai dari penjelasan yang ada di LMS, diskusi kelompok, mendapatkan penjelasan secara langsung oleh Instruktur, alhamdulillah saya jadi mengerti tentang pembelajaran diferensiasi. Ternyata sangat penting kita membuat pemetaan kebutuhan murid. Sebenarnya untuk guru BK sendiri kami telah diajarkan cara memahami kebutuhan siswa di mata kuliah pemahaman dan tingkah laku kami belajar tentang tujuan seseorang melakukan satu hal dan apa yang mendorong orang tersebut melakukan hal tersebut saya juga pernah mempelajari assessment dimana assessment itu ada 2 assesmen tes dan non tes. Nah untuk memahami kebutuhan siswa saya sendiri menggunakan assesmen BK non tes. Dimana tujuan dari pada assemenen BK Non tes ini adalah untuk mengetahui kondisi psikologi dan sosial emosi peserta didik, gaya belajar, aktivitas peserta didik selama belajar dirumah, serta kondisi keluarga peserta didik. Dari hasil assement BK non tes ini saya membuat perencanaan layanan baik itu Klasikal, indivu, maupun kelompok sesuai dengan hasil assement tersebut di mulai dari yang paling urgen atau dari semua sample yang dipilih memilih masalah yang sama atau bisa di katakan 70 % mengalami masalah tersebut

Dan ternyata saya sudah melaksanakan pembelajaran diferensiasi dari dulu, sebelum saya mempelajari materi ini. Tahun 2015 dan 2016 sebelum pandemi, saya pernah meminta murid-murid untuk membuat produk berupa lagu, puisi, drama, atau meminta siswa untuk mengisi isian ikms ini yang kemudian di uprage menjadi POP dengan mengurangi jumlah item pernyataannya. Dan dari data hasil penelusuran siswa ini saya jadikan acuan untuk membuat perencanaan layan BK guna memenuhi kebutuhan siswa.

Berikut kegiatan yang pernah saya lakukan saat pelaksanaan assesmen BK Non tes :



Foto pengisian identifikasi kebutuhan dan  masalah siswa (IKMS)




 

 

 

 

 

 

HASIL PELAKSANAAN IKMS

SMK NEGERI I BENTENG

T.P 2015/2016

 

NAMA            :  WIDIAWATI

KODE KONS   :  BT 2015 205

KELAS           :  III AK 2

NIS               :  13187


 

 

 

 

 

 

 IMPLEMENTASI :

Layanan ORIENTASI      : Ingin memahami fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan cara memanfaatkan fasilitas tersebut.

Layanan Informasi        : memberikan pemahaman banyak hal seperti karier setelah lulus di SMK, info kesehatan reproduksi, gaya belajar dll

Penempatan dan penyaluran   : bagian dari layanan peminatan siswa baik itu jurusan, maupun hobi

Penguasaan Konten      :  untuk memahamkan, mengembangkan, dan membelajarkan siswa terhadap suatu konten tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Konseling individu       : agar klien memahami kondisi dirinya sendiri, lingkungannya, permasalahan yang di alami, kekuatan dan kelemahan dirinya sehingga klien mampu mengatasinya.

Konseling Kelopok       :  agar suasana menjadi lebih terbuka dan jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain, belajar mempoercayai diri sendiri dan orang lain.

Bimbingan kelompok   :  agar suasana menjadi lebih terbuka dan jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain, belajar mempoercayai diri sendiri dan orang lain.

Layanan Konsultasi      : agar konsulti memiliki kemampuan diri yang berupa wawasan, pemahaman dan cara- cara bertindak yang terkait langsung dengan suasana atau permasalahan pihak ketiga.

Layanan Mediasi           : agar tercapai hubungan yang positif dan kondusif diantara pihak-pihak atau siswa yang berselisih atau ada ketidakcocokan.

 

 

HASIL PELAKSANAAN IKMS

SMK NEGERI I BENTENG

T.P 2015/2016

 

NAMA            :  UMI KALSUM

KODE KONS   :  BT 2015 089

KELAS           :  III AK 2

NIS               :  13167



 

 

 

 

 

 

 

 

 


IMPLEMENTASI :

Layanan ORIENTASI       : Ingin memahami fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan cara memanfaatkan fasilitas tersebut.

Layanan Informasi         : memberikan pemahaman banyak hal seperti karier setelah lulus di SMK, info kesehatan reproduksi, gaya belajar dll

Penempatan dan penyaluran      : bagian dari layanan peminatan siswa baik itu jurusan, maupun hobi

Penguasaan Konten       :  untuk memahamkan, mengembangkan, dan membelajarkan siswa terhadap suatu konten tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Konseling individu         : agar klien memahami kondisi dirinya sendiri, lingkungannya, permasalahan yang di alami, kekuatan dan kelemahan dirinya sehingga klien mampu mengatasinya.

Konseling Kelopok         :  agar suasana menjadi lebih terbuka dan jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain, belajar mempoercayai diri sendiri dan orang lain.

Bimbingan kelompok     :  agar suasana menjadi lebih terbuka dan jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain, belajar mempoercayai diri sendiri dan orang lain.

Layanan Konsultasi        : agar konsulti memiliki kemampuan diri yang berupa wawasan, pemahaman dan cara- cara bertindak yang terkait langsung dengan suasana atau permasalahan pihak ketiga.

Layanan Mediasi            : agar tercapai hubungan yang positif dan kondusif diantara pihak-pihak atau siswa yang berselisih atau ada ketidakcocokan.

 

 


Tidak ada komentar: